Ide Cemerlang Bisa Muncul Saat Mandi, Berikut Alasannya
Ilustrasi mandi (Freepik).

Solopos.com, SOLO – Mandi memang membuat tubuh kita lebih rileks dan tenang. Tak hanya itu, saat mandi, ternyata kita juga mampu menemukan ide cemerlang. Hal ini bukan hanya kebetulan, namun ada beberapa faktor yang menyebabkan ide cemerlang tersebut kerap muncul di saat orang sedang mandi.

Scott Barry Kaufman, ilmuwan kognitif, menemukan bahwa 72% orang mendapatkan ide-ide kreatif di tempat-tempat khusus. Lalu, mengapa ide kreatif selalu muncul saat mandi? Berikut alasannya, seperti yang dirangkum dari berbagai sumber.

Irene Red Velvet Minta Maaf Gara-Gara Kasar Ke Editor Dan Stylist

Tidak memikirkan apapun saat mandi

Sebuah penelitian mengonfirmasi, ide yang paling signifikan dan mengubah hidup mungkin datang ketika sedang mandi. Sekelompok peneliti tersebut memberikan permainan asah pikiran kepada mahasiswa dan meminta mereka untuk melaporkan apakah mereka mendapatkan jawabannya dengan memikirkannya setiap saat atau jawaban tersebutlah yang datang kepada mereka.

Ternyata, mereka yang menemukan jawaban dengan benar bukanlah orang-orang yang mencoba menyelesaikannya setiap saat. Mandi membuat ide mengalir, sehingga kemungkinan besar akan menemukan solusi kreatif karena saat mandi kita sedang tidak memikirkan apapun.

Meningkatkan hormon dopamin

Mandi, bisa dibilang sebagai salah satu cara termudah untuk meningkatkan hormon dopamin yang penting untuk memori dan fungsi otak, serta mengataur gerakan tubuh. Hormon ini sendiri sering dilepaskan saat kita sedang merasa rileks, seperti saat mendengarkan musik, berolahraga, dan mandi.

Bahkan, mandi dengan air dingin mampu meningkat hormon dopamin hingga 250%. Oleh karena itu, jika kita merasa rilesk ketika mandi, maka ide-ide cemerlang itu akan muncul.

Membuat tubuh lebih santai

Saat santai, kita cenderung mengalihkan perhatian ke ide-ide yang kreatif dan tak terpikirkan sebelumnya. Pada kondisi ini, otak tidak diisi oleh hal-hal yang serius atau kritis sehingga mampu membuat pikiran kita menjadi tenang.

Saat sedang mandi, kita membiarakan otak kita berkeliaran dan melamun, sehingga memicu ide baru yang tak pernah terpikirkan sebelumnya muncul. Tak hanya sebagai waktu menemukan ide, mandi juga dapat mengurangi stres dan kecemasan, serta menenangkan diri sendiri.

Orang Tua Harus Tahu, Ini Empat Fakta Tentang Pneumonia Anak

Lebih kreatif saat mengantuk

Ada orang yang terbiasa mandi pagi hari saat masih kondisi setengah tidur, atau larut malam menjelang tidur. Namun, pernahkan kita berpikir bahwa ketika lelah, kita tidak mungkin mendapatkan ide-ide inovatif, tetapi sains membuktikan bahwa hal itu justru dapat meningkatkan kreativitas. Para peneliti telah menemukan bahwa kita menggunakan Lebih kreatif saat lelah.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom