Tutup Iklan

Idap Kanker Paru-Paru, Legenda Bulu Tangkis Verawaty Fajrin Dirawat di RS Dharmais

Kondisi Verawaty Fajrin tengah memburuk sejak divonis kanker paru-paru pada Maret 2020.

 Legenda bulu tangkis Verawaty Fajrin dirawat di RS Dharmais karena sakit kanker paru-paru. (Dok/Kemenpora)

SOLOPOS.COM - Legenda bulu tangkis Verawaty Fajrin dirawat di RS Dharmais karena sakit kanker paru-paru. (Dok/Kemenpora)

Solopos.com, JAKARTA – Legenda bulu tangkis Indonesia, Verawaty Fajrin, harus mendapatkan perawatan medis setelah divonis kanker paru-paru. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)  membantu penanganan Verawaty Fajrin yang kini dirawat di ruang VIP RS Dharmais dan ditangani tim dokter spesialis.

Kondisi Verawaty Fajrin tengah memburuk sejak divonis kanker paru-paru pada Maret 2020. Sejak itu pula Verawaty menjalani kemoterapi sebanyak lima kali, namun merasa tak membuahkan hasil.

Sempat membaik, pihak rumah sakit pun mengizinkan Verawaty pulang ke rumah. Namun belakangan kondisinya memburuk lagi dan pemerintah membantu merujuk Verawaty ke RS Dharmais sejak 19 September.

Baca Juga: Persijap Jepara Pun Targetkan Juara Liga 2

Masalahnya, ruang High Care Unit (HCU) di RS Dharmais sempat penuh pada hari pertama Verawaty dirujuk ke sana. Mendengar hal itu, Kemenpora langsung turun tangan untuk membantu kesembuhan Verawaty.

“Sore ini saya berkunjung ke Rumah Sakit Dharmais membesuk Ibu Verawaty Fajrin. Saya bersama Pak Dirut [dr. Soeko Werdi Nindito] dan suami dari ibu Verawaty Fajrin, Pak Fajrin, kami datang ke tempat ini dan menyampaikan salam dari Bapak Presiden Pak Jokowi untuk memastikan perawatan Verawaty semuanya berjalan dengan baik,” kata Menpora Zainudin Amali saat memberikan keterangan, Senin (20/9/2021).

“Dan Pak Dirut sudah menyampaikan bahwa ini ditangani oleh tim dokter spesialis. Bahkan sekarang Verawaty dirawat di kamar VIP. Semua fasilitas akan diberikan oleh pemerintah khususnya oleh kami Kementerian Olahraga. Kami berharap dan berdoa mudah-mudahan Ibu Verawaty Fajrin segera diberi kesembuhan dan segera pulih kembali,” ujarnya menambahkan.

Baca Juga: Pemain Muda Dominasi Tim Piala Thomas dan Uber Indonesia

 

Pelayanan Terbaik

Soeko Werdi Nindito pun menjamin akan memberikan pelayanan terbaik buat Verawaty. Pihak rumah sakit akan menjaga amanah pemerintah untuk mengupayakan kesembuhan sang legenda bulu tangkis.

Suami Verawaty, Fajriansyah, pun mengucapkan rasa terima kasih atas perhatian besar yang diberikan pemerintah. Ia berharap sang istri bisa segera sehat kembali.

“Atas nama keluarga besar RS Kanker Dharmais siap untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk Verawaty Fajrin. Karena kami mengetahui semua bahwa Verawaty Fajrin orang yang berjasa untuk mengharumkan nama Indonesia di dunia dan di seluruh dunia,” tutur dr. Soeko Werdi.

Baca Juga: Liga 2 Digelar Senin-Kamis di Daerah PPKM Level 2 dan 3

“Syukur alhamdulillah, terima kasih sebesar-besarnya kepada presiden atas perhatian dan harapan kepada ibu. Alhamdulillah perhatian ini sangat besar sekali demi harapan kesembuhan Bu Verawaty Fajrin,” ucap Fajriansyah.

Verawaty merupakan pemain bulu tangkis yang berjaya di era 1980-an. Ia berhasil meraih banyak gelar juara baik di nomor tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran. Pemain-pemain yang pernah berpasangan dengannya adalah Imelda Wigoena, Ivanna Lie, Yanti Kusmiati, Bobby Ertanto, dan Eddy Hartono.

Dikutip dari Wikipedia, Gelar juara tunggal puteri yang diraihnya di antaranya juara Kejuaraan Dunia 1980, finalis All England Open 1980, juara SEA Games 1981, dna juara Indonesia Terbuka 1982.

Baca Juga: Luhut Restui Liga 2 Bergulir 26 September

Pada ganda puteri, Verawaty pernah meraih medali emas Asian Games 1978 (Verawaty Fajrin/ Imelda Wigoena), juara All England 1979 (Verawaty Fajrin/ Imelda Wigoena), finalis Kejuaraan Dunia 1980 (Verawaty Fajrin/ Imelda Wigoena),  medali emas SEA Games 1981 (Verawaty Fajrin/ Ruth Damayanti), dan medali emas SEA Games 1987 (Verawaty Fajrin/ Rosiana Tendean).

Sementara di ganda campuran, Verawaty  di antaranya menyabet gelar juara World Grand Prix Final (Eddy Hartono/Verawaty Fajrin), juara SEA Games 1989 (Eddy Hartono/Verawaty Fajrin), finalis Kejuaraan Dunia 1989 (Eddy Hartono/ Verawaty Fajrin), dan finalis Asian Games 1990 (Eddy Hartono/ Verawaty Fajrin.


Berita Terkait

Berita Terkini

Manchester City Bercokol di Posisi Puncak Seusai Tundukkan Watford 3-1

Manchester City merebut posisi puncak klasemen Liga Inggris seusai membekuk Watford 3-1 dalam laga pekan ke-15 di Stadion Vicarage Road.

West Ham Tundukkan Chelsea, Liverpool Menang Atas Wolverhampton

West Ham United merontokkan rekor pertahanan Chelsea demi meraih tiga poin dalam laga pekan ke-15 Liga Inggris. West Ham menang dengan skor 3-2.

Mantap! Marcus/Kevin Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals

Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sukses melaju ke babak final BWF World Tour Finals 2021.

Prediksi Skor Wolves vs Liverpool, The Reds Menang Selisih 2 Gol?

Pekan ke-15 Liga Premier Inggris akan menyajikan duel menarik antara Wolverhampton Wanderers melawan Liverpool.

Prediksi Skor dan Susunan Pemain West Ham vs Chelsea, Siapa Menang?

Pemuncak klasemen sementara Liga Premier Inggris, Chelsea, mendapat tantangan dari sesama tim London, West Ham United, pada pekan ke-15.

Peringatan Hari Disabilitas, Penyandang Berlatih Panjat Dinding di Solo

Sejumlah penyandang disabilitas mengikuti latihan panjat dinding perdana sekaligus deklarasi lahirnya Indonesian Paraclimbing Club (Indpac).

Greysia/Apriyani Kalah di Semifinal BWF World Tour Finals

Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu gagal melaju ke partai puncak BWF World Tour Finals 2021.

Jadwal Liga Inggris Malam Ini, Wolves vs Liverpool Ditayangkan SCTV

Liga Premier Inggris kembali digeber pada akhir pekan ini setelah pada tengah pekan lalu juga memainkan laga.

Timnas Indonesia Tiba di Singapura, Egy dan Elkan Belum Gabung

Timnas Indonesia telah tiba di Singapura untuk terjun Piala AFF 2020 setelah menempuh perjalanan panjang dari Antalya, Turki, pada Kamis (2/12/2021) malam.

Jalan Terjal Persis Solo di Babak 8 Besar Liga 2

Persis Solo tergabung dalam Grup X bersama Sriwijaya FC, RANS Cilegon FC, dan Persiba Balikpapan dalam lanjutan babak delapan besar Liga 2 Indonesia.

Viral! Eks Striker Timnas Indonesia Tendang Suporter di Tribune

Eks striker Timnas Indonesia, Saktiawan Sinaga, melakukan aksi tak terpuji saat berlaga di Liga 3 bersama klub Medan Utama.

Statistik Iqbal Al Ghuzat, Bek PSG Pati yang Jadi Incaran Persis Solo

Persis Solo dikabarkan mengincar pemain PSG Pati, Iqbal Al Ghuzat, untuk menambah kekuatan pada babak 8 Besar kompetisi Liga 2.

Hasil Lengkap Pertandingan Pekan ke-14 Liga Inggris dan Klasemen

Liga Premier Inggris telah menyelesaikan pertandingan di pekan ke-14. Sejumlah tim top berhasil memetik kemenangan.

Selamat! Greysia/Apriyani Lolos Semifinal BWF World Tour Finals

Ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu sukses melaju ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2021.

Hore! Liga Basket Mahasiswa Bergulir Kembali

Liga Mahasiswa (LIMA) Basketball 2021 resmi bergulir ditandai tip off oleh Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan di kawasan Robinson Cisarua, Bogor.