Anggotan Info Cegatan Wonogiri (IGW) membagikan takjil kepada pengguna jalan yang melintas di depan SPBU Slogohimo, Kecamatan Slogohimo, Minggu (12/5/2019).

Solopos.com, WONOGIRI--Grup Facebook Info Cegatan Wongiri (ICW) tak pernah berhenti membikin aksi-aksi sosial. Jika biasanya rutin menggelar aksi bedah rumah dan bantuan sosial lainnya, pada Ramadan ini, ICW rutin membagikan takjil kepada mereka yang berpuasa.

ICW Koordinator Wilayah  (Korwil) Jatipurno misalnya. Mereka membagikan takjil di depan Kantor Kecamatan Jatipurno. Sedangkan, ICW Korwil Slogohimo membagikan 200-an paket takjil di depan SPBU Slogohimo, Minggu (12/5/2019).

“Di ICW, dana untuk bagi-bagi takjil ini murni swadaya anggota dan donasi simpatisan. Ini tahun kedua kami menggelar bagi-bagi takjil. Kami menargetkan setiap pekan atau setidaknya 5 hari sekali bisa membagikan takjil. Selain itu, ada juga warga yang meminta tolong membagikan takjilnya melalui ICW. Kami juga siap membantu,” kata Ketua ICW Korwil Slogohimo, Joko Wiyono, saat dihubungi Espos, Minggu (12/5).

Tak hanya itu, aksi sosial lain ICW Slogohimo selama Ramadan ini adalah memberikan santunan kepada anak yatim dan piatu di Slogohimo bagian selatan. Tahun lalu, santunan diberikan kepada 25 anak dari Slogohimo bagian utara. ICW membagi dua periode pemberian santunan antara Slogohimo selatan dan utara karena keterbasan finansial. “Kalau semuanya bareng, sumber daya kami terbatas,” ujar dia.

Joko menuturkan dana yang dikumpulkan merupakan hasil donasi para anggota setiap pertemuan Sabtu malam. Pada pertemuan yang sama pula para anggota dan simpatisan membawa segelas beras untuk dikumpulkan. Setelah sebulan terkumpul, beras dan uang itu disalurkan kepada anak yatim piatu. “Kami tahun ini membantu anak yatim piatu mulai dari biaya sekolah setahun penuh, biaya hidup diberikan per bulan, buku dan lainnya. Setiap awal bulan kami datang ke rumah penerima santunan, memberikan sembako untuk kebutuhan satu bulan ke depan. Ini semua murni swadaya anggota,” tutur dia.

Ia berharap melalui serangkaian aksi sosial yang rutin ini ICW mampu bersinergi, membumikan rendah hati, dan merangkul lapisan masyarakat yang hidup kekurangan. ICW setiap akhir pekan juga berkumpul untuk menghimpun informasi siapa saja orang-orang yang memerlukan bantuan di daerah. “Nanti kami survei. Kami data dan sampaikan kepada ketua RT/RW, Desa, Kelurahan, dan dinas terkait. Jika memang belum menerima bantuan dari pemerintah, kami dampingi agar bisa menerima bantuan,” urai Joko.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten

%d blogger menyukai ini: