ICW Laporkan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Ke Polisi

ICW melaporkan Lili Pintauli Siregar ke Bareskrim Polri merujuk pada putusan Dewan Pengawas KPK yaitu Lili dan Syahrial terbukti melakukan komunikasi.

 Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar. (Antara)

SOLOPOS.COM - Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA– Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Lili Pintauli Siregar, dilaporkan ke Direktorat Tindak Pidana Umum, Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri pada Rabu (8/9/2021).Indonesia Corruption Watch (ICW) melaporkan Lili terkait komunikasinya dengan M. Syahrial, pihak yang berperkara dalam kasus suap pengisian jabatan yang ditangani KPK.

“Adapun laporan ini berkaitan dengan komunikasi Lili dengan pihak yang sedang menjalani perkara di KPK – M Syahrial – beberapa waktu lalu,” kata Peneliti ICW, Kurnia Ramadhana, dalam keterangannya seperti diberitakan Bisnis, Rabu (8/9/2021).

Kurnia memaparkan landasan pelaporan ICW merujuk pada putusan Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Dalam putusan Dewas KPK Lili dan Syahrial terbukti melakukan komunikasi.

Baca Juga: Kuota Promosi Liga 3 Bertambah, Persika dan Persebi Makin Antusias

ICW beranggapan tindakan Lili diduga keras melanggar Pasal 36 juncto Pasal 65 UU KPK tentang larangan bagi pimpinan KPK mengadakan hubungan langsung maupun tidak langsung dengan pihak yang sedang menjalani perkara di KPK. Ancaman pidana pasal itu maksimal 5 tahun penjara.

ICW berharap Kapolri memerintahkan jajarannya bekerja profesional dan independen dalam mengusut dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh Lili. “Jika kemudian ditemukan bukti permulaan yang cukup, maka ICW meminta agar Kepolisian segera menetapkan Lili Pintauli Siregar sebagai tersangka,” kata Kurnia.

Sebelumnya, Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar terbukti bersalah melakukan pelanggaran kode etik. Meski bersalah, Lili dijatuhi sanksi oleh Dewas berupa pemotongan gaji sebesar 40 persen selama 12 bulan.

Baca Juga: Kabar Baik! Marinus Wanewar Pulih Lebih Cepat, Bisa Tampil di Awal Liga 2

 

Pelanggaran Etik

Diketahui, Lili dilaporkan ke Dewas atas dugaan pelanggaran etik yakni melakukan komunikasi dengan Wali Kota Tanjung Balai, M. Syahrial, yang kini tengah berperkara di KPK.

“Mengadili menyatakan terperiksa lili pintauli siregar bersalah melakukan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku berupa penyalahgunaan pengaruh pimpinan KPK untuk kepentingan pribadi dan berhubungan langsung dengan pihak yang perkaranya sedang ditangani oleh yang diatur dalam Pasal 4 ayat (2) huruf b dan a Peraturan Dewas Nomor 02 Tahun 2020 tentang Penegakan Kode Etik dan Pedoman Perilaku KPK,” kata Ketua Dewas KPK, Tumpak Hatorangan Pangabean, saat membacakan amar putusan, Senin (30/8/2021).

Berita Terkait

Berita Terkini

Menkes Kantongi Identitas Penyuntik Vaksinasi Kosong untuk Siswa SD

Sebelumnya, beredar video viral saat seorang siswa SD di Sumatra utara mendapatkan suntikan vaksin kosong, yang terekam oleh orang tua murid.

Satgas Covid-19: Kasus Omicron Naik, Kurangi Mobilitas dan Tatap Muka

Per Jumat (21/1/2022), Satgas Covid-19 mencatat kasus virus naik 2.604 sehingga total kasus menjadi 4.280.248 kasus.

Buntut Laka Maut, Kendaraan Berat Dilarang Masuk Kota Balikpapan

Rahmad berharap, nantinya mobil besar disediakan jalur tol sehingga tidak perlu melintasi jalur kota di Balikpapan.

Gempa Magnitudo 4,4 Goyang Mandailing Natal

Kabupaten Mandailing Natal merupakan pemekaran dari Kabupaten Tapanuli Selatan pada tahun 1998.

Perludem: Ada Jeda Antara Pemilu DPRD dengan Pemilu DPR dan Pilpres

Titi berpandangan Mahkamah Konstitusi tidak menyatakan ruang penentuan pemberian jeda antar pemilu hanya diberikan kepada pembentuk undang-undang.

Jadi Ikon Paris, Pembangunan Menara Eiffel di Paris Pernah Dikritik

Menara Eiffel dibangun untuk tujuan Exposition Universelle atau Pameran Dunia 1889 memperingati 100 tahun revolusi Perancis.

Kosgoro: Ridwan Kamil Fokus ke Jawa Barat Saja

Dan jika sinyalemen ini benar, Ridwan Kamil diminta untuk tetap memilih memimpin Jabar dibanding Nusantara.

Begini Kondisi Korban Selamat dari Kecelakaan Maut di Balikpapan

Korban selamat dari kecelakaan maut di Jl. Soekarno-Hatta Kilometer 0, kawasan Turunan Rapak atau Turunan Kilo Balikpapan, Jumat (21/1/2022) mendapatkan perawatan intensif di 3 rumah sakit.

+ PLUS Pelibatan Militer dalam Proyek Food Estate Rawan Pelanggaran HAM

Food estate atau lumbung pangan merupakan rencana pengembangan terintegrasi antara pertanian, perkebunan, dan peternakan di suatu kawasan dengan tujuan sebagai penyedia cadangan pangan nasional dan antisipasi krisis pangan.

Disuntik Dana BPKH, Bank Muamalat Makin Sehat

Wapres mengatakan pemberian suntikan dana terhadap Bank Muamalat merupakan salah satu solusi untuk menyehatkan kondisi bank syariah tersebut.

Pisahkan Pusat Pemerintah dan Ekonomi, 9 Negara Ini Pindahkan Ibu Kota

Meski direlokasi, hanya pusat administrasi negara yang dipindah sehingga pemerintah mengklaim akan  menjamin pusat administrasi bisnis tetap berada di DKI Jakarta.

Penuhi Kriteria Pemimpin Ibu Kota Baru, Ini Komentar Ridwan Kamil

Sosok Ridwan Kamil merupakan seorang arsitek sebelum akhirnya terjun ke kancah politik.

1,5 Juta Orang Meninggal akibat Tuberkulosis, Begini Sikap G20 dan G7

Indonesia dan Jerman menyinergikan Presidensi G20 dan G7 dalam mewujudkan respons yang lebih kuat terhadap krisis kesehatan, terutama penyakit tuberkulosis.

Menangis, Ustaz Yusuf Mansur Antar Sahabat ke Peristirahatan Terakhir

Yusuf Mansur lantas mengibaratkan jika ia meninggal saat ini akan seperti apa pemberitaan tentang dirinya.

+ PLUS Rendahnya Kesadaran Wong Jateng untuk Pakai Helm Saat Berkendara

Rendahnya kesadaran untuk memakai helm tercermin dari banyak korban kecelakaan di Jawa Tengah mengalami cedera pada bagian kepala yang menyentuh 10,61 persen.