SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Bale Ayu Resto menyajikan menu serba fresh. Anda bisa memilih sendiri kepiting, udang, gurame yang masih hidup untuk dimasakkan sang koki menjadi menu aneka rasa.

Di rumah makan yang berlokasi di Jalan Ipda Tut Harsono 58 Timoho, Jogja ini menu dari ikan gurame menjadi andalannya. Dari 18 resep masakan gurame, tiga di antaranya menjadi menu favorit yaitu Gurame Bakar Bale Ayu, Gurame Saus Bale Ayu dan Gurame Crispy Asam Manis. Ikan gurame itu didapat dari Berbah, Sleman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dapur [beraada] di depan dekat pintu gerbang, supaya pengunjung masuk langsung bisa langsung memilih bahan yang akan dijadikan menu kesukaannya,” ujar Chef Bale Ayu Resto, Widodo, Rabu (26/10).

Semua masakan di rumah makan yang diresmikan 30 Juli 2011 ini, dikonsep ala oriental seafood. Untuk gurame bakar menggunakan bumbu rempah-rempah dan saos. Sementara gurame goreng ditaburi kremesan supaya kriyuk-kriyuk. “Pengunjung 90 persen menyukai gurame asam manis dan crispy,” lanjut Chef Widodo.

Soal harga, tergantung ukuran besar kecilnya ikan gurame. Menu lain seperti udang galah, udang bago serta kepiting di bulan Oktober ini didiskon 20 persen. Asam manis dan saus cita rasa menjadi bumbu yang paling diminati untuk menu tersebut. Rasa gurih, pedas bercampur manis dijamin menggoyang lidah Anda.

“Udang dan kepiting selama ini menjadi menu yang paling mahal, antara Rp41.000 sampai Rp54.000, jadi kami diskon 20 persen tapi cuma sebulan saja,” sambung Marketing Bale Ayu Resto, Endang Palupi.

Tak hanya seafood
Uniknya, kepiting diimpor langsung dari  Tarakan, sementara udang dari Semarang. Bagi yang tidak begitu menyukai seafood, di resto yang pusatnya berada di Jalan Imogiri KM 6 ini juga menyajikan menu ayam, bebek, terong goreng kecap, kangkung dan sup.

Minumannya pun serba spesial yang diramu oleh sang barista, Susilo. Antara lain Jahe Pandan Bale Ayu, Es Coklat Bale Ayu, Bale Ayu Squash dan Es Teler Bale Ayu. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp6.000 sampai Rp10.000.

Di rumah makan yang didesain jawa modern berkapasitas 300 orang ini terdapat pula wedang pletok yang disajikan dalam satu gelas air panas berisi jahe, cengkeh, kapulagu, kayu manis, kayu secang, sereh dan gula batu. Rasanya sangat nikmat dan hangat di tenggorokan, apalagi jika disantap bersama keluarga karena rumah makan ini menyediakan paket-paket menu dengan harga mulai dari Rp300.000 untuk 10 orang, yang sayang jika dilewatkan.(Wartawan Harian Jogja/Tri Wahyu Utami)

HARJO CETAK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya