SOLOPOS.COM - Manchester City vs Manchester United (Twitter)

ICC 2016 bakal melibatkan sejumlah klub elite Eropa.

Solopos.com, SHANGHAI — Tur pramusim sudah menjadi semacam tradisi bagi klub-klub papan atas Eropa sebelum memulai musim baru kompetisi. Mereka rela terbang menempuh perjalanan ribuan kilometer untuk sekadar melakoni uji coba.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Tentu, uji coba tersebut harus memberi keuntungan besar secara finansial. Dengan tur pramusim ke berbagai negara di dunia, mereka bisa memperluas pasar global ke wilayah-wilayah yang jauh dari markas mereka, seperti Asia, Amerika Serikat, bahkan Australia.

International Championship Cup (ICC) 2016 merupakan salah satu panggung bagi klub-klub Eropa untuk memperluas marketing dan mengeruk rezki selama pramusim. Dua tahun lalu, salah satu laga ICC yang mempertemukan Manchester United versus Real Madrid di Michigan, Amerika Serikat, mampu menyedot 110.000 penonton. Itu menjadi rekor jumlah penonton pertandingan sepak bola terbesar di Negeri Paman Sam.

Tak ayal, penyelenggaraan ICC terus melebarkan sayap dari tahun ke tahun. Pada edisi pertama pada 2013, ICC hanya digelar di Amerika Serikat. Sementara edisi keempat alias 2016 ini, tak tanggung-tanggung ICC bakal diselenggarakan 16 kota yang tersebar di empat benua sekaligus yakni Amerika, Asia, Australia, dan Eropa.

Jumlah pesertanya pun terus bertambah. Pada 2013, hanya diikuti delapan tim. Pada tahun ini, ICC diikuti 17 klub. Tim-tim seperti Real Madrid, Chelsea, Juventus, dan AC Milan yang sudah berpartisipasi sejak edisi pertama kembali ikut pada tahun ini. Juara Liga Premier 2015/2016, Leicester City, pun menjadi salah satu pendatang baru pada turnamen pemanasan ini.

Derby Manchester akan memanaskan ICC 2016. Duo Manchester, Manchester United dan Manchester City, rela menempuh perjalanan sepanjang kurang lebih 9.144 km ke Shanghai, Tiongkok, untuk mengikuti ICC. United akan lebih dahulu bertemu tim Bundesliga, Borussia Dortmund di Shanghai Stadium, Jumat (22/7/2016), sebelum berjumpa tetangga mereka tiga hari kemudian. Itu akan menjadi pertemuan pertama Jose Mourinho dengan Josep “Pep” Guardiola sebagai pelatih dalam Derby Manchester.

ICC sekaligus bisa dijadikan ajang audisi bagi para pelatih untuk menentukan pemain yang bakal diproyeksikan mengisi starting XI musim depan. Namun, Mourinho belum bisa menyertakan sejumlah bintang mereka. Seperti dilansir Dailymail.co.uk, Selasa (19/7),  Mourinho tidak bisa membawa United, Zlatan Ibrahimovic, serta Anthony Martial, dan Bastian Schweinsteiger yang sedang menjalani libur setelah Euro 2016.

Namun, dua pemain United, Wayne Rooney dan Marcus Rashford yang terhenti pada babak 16 ketika membela Inggris di Euro 2016, akan ikut bergabung dengan skuat Mourinho ke Shanghai. Dua pemain baru Setan Merah, Eric Bailly dan Henrikh Mkhitaryan, juga akan mengikuti pramusim ke Benua Asia ini. Mourinho juga menunjukkan komitmen dalam pembinaan pemain mengikutinjejak Louis van Gaal, dengan membawa beberapa pemain muda dalam tur pramusim ini.

“Ini berarti banyak bisa ikut ke sana. Ini kesempatan untuk menunjukkan kepada manajer apa yang Anda punya dan Anda harus memanfaatkn kesempatan itu ketika datang. Ini akan menjadi pengalaman besar,” jelas Rashford, seperti dilansir Mirror.co.uk.

Sementara Guardiola akan membawa para pemain bintangnya, seperti David Silva dan Sergio Aguero. Seperti dikutip Manchestereveningnews.co.uk, mantan pelatih Barcelona dan Bayern Munich itu bahkan mengajak serta 12 pemain muda ikut dalam tur pramusim pertamanya bersama tim berjuluk The Citizens ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya