SOLOPOS.COM - Penanaman durian lokal jenis matahari di area hijau Waduk Gondang, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar, Selasa (21/2/2017). (Sri Sumi Handayani/JIBI/Solopos) 

Kunjungan Ibu Negara hari ini dipusatkan di Karanganyar.

Solopos.com, KARANGANYAR — Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, didampingi Istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah, menanam durian lokal jenis matahari di area hijau Waduk Gondang, Kecamatan, Kabupaten Karanganyar, Selasa (21/2/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada kesempatan tersebut, Ibu Negara dan Mufidah Kalla bersama rombongan ibu-ibu yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK) mengenakan seragam warna biru dan bawahan celana kain warna hitam. Iriana dan Mufidah mengenakan sepatu olahraga.

Pantauan , setelah tiba di kawasan Waduk Gondang, Ibu Negara menghentikan bus yang dinaiki rombongan dan berdiri di pintu. Dia menyalami warga yang sudah berkerumun di tepi jalan menanti kedatangan mereka. Mereka juga membagikan buku kepada anak-anak yang berkerumun di tepi jalan.

Warga Kepoh, Suminem, mengaku datang bersama cucunya untuk melihat kedatangan Ibu Negara. Cucunya mendapatkan buku tulis dari Ibu Negara.

Sebelumnya berdasarkan pesan berantai berisi rencana kunjungan Ibu Negara di Karanganyar, Iriana Jokowi pada Selasa dijadwalkan mengunjungi PAUD Munggur Manggala 2 di Dusun Sidoreko, Desa Munggur, Mojogedang, Karanganyar, untuk meninjau kegiatan belajar sebanyak 104 anak di kelas.

Tujuan berikutnya ke Waduk Gondang di Kerjo. Iriana, Mufidah, dan rombongan menanam 250 bibit pohon cengkih dan durian lokal, yaitu jenis bawor, petruk, dan montong di daerah sabuk hijau atau greenbelt Waduk Gondang. Berdasarkan rilis yang diterima wartawan dari Seksi Humas dan Publikasi OASE KK, penanaman pohon sebagai bentuk konservasi dan pengembangan ekonomi warga di sekitar waduk.

Selain penanaman pohon, Kementerian PUPR, Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, dan Pemkab Karanganyar menyelenggarakan bazar pembagian sembako murah untuk warga sekitar. Kegiatan berikutnya adalah pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) test kepada 250 orang di Kantor Kecamatan Kerjo. Kegiatan itu didukung 25 tenaga kesehatan dan 20 tenaga penunjang.

Setelah itu, Iriana akan mengunjungi sosialisasi pencegahan narkoba, pornografi, dan anti kekerasan oleh tim P4GN Kabupaten Karanganyar di Gedung Wanita Karanganyar. Kegiatan diikuti 500 siswa SMP, SMA/SMK, Pramuka dan karang taruna. Kunjungan kerja Ibu Negara ditutup dengan melihat pameran UMKM di Rumah Dinas Bupati Karanganyar.

“Pemkab menyiapkan dua PAUD di Dagen dan Munggur tetapi prioritas di Munggur. Betul, rencana kunker beliau [Ibu Negara] seperti itu. IVA test dilaksanakan di kantor kecamatan karena lebih representatif. Kalau UMKM yang dipamerkan itu yang unggulan, berprestasi di tingkat regional dan nasional, seperti beras organik, batik, dan lain-lain,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Karanganyar, Larmanto, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya pada Senin (20/2/2017).

Camat Kerjo, Dwi Cahyono, menyampaikan sudah menggerakkan warga untuk membersihkan jalan, memasang umbul-umbul, mengecat jalan, menata taman, dan lain-lain sejak beberapa hari lalu. Hal senada disampaikan Camat Mojogedang, Sutrisno. Mereka memastikan seluruh persiapan menyambut rombongan Ibu Negara sudah selesai.

“Sudah dicek oleh Paspampres, Polda, dan lain-lain. Kami sudah menyiapkan sebaik-baiknya. Ini kali pertama dikunjungi Ibu Negara. Warga juga sudah antusias,” ujar Sutrisno saat dihubungi, Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya