SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak makan sayuran. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO – Menjaga kesehatan anak juga bisa dilakukan dengan menjaga asupan gizi dan vitamin. Selain multivitamin, mengonsumsi sayuran juga merupakan hal yang baik dilakukan.

Dokter spesialis anak Rumah Sakit (RS) JIH Solo, dr. Anis Marfuah, Sp. A, dalam Health Talk RS JIH Solo, mengatakan mengonsumsi vitamin adalah hal yang baik untuk menjaga kesehatan anak. Salah satu jenis vitamin yang baik untuk anak adalah multivitamin yang mengandung vitamin C, vitamin D dan zinc.

“Sebab itu anti oksidan [baik untuk daya tahan tubuh anak]. Semua vitamin bagus, tapi ada yang cocok ada yang tidak, memang harus dilihat dulu [kandungannya],” kata dia.

Selian itu anak juga disarankan untuk mengonsumsi sayuran. Menurutnya kandungan dalam sayuran bisa mencegah terjadinya konstipasi pada anak. Namun menurutnya memang perlu kiat khusus untuk membuat anak suka mengonsumsi sayur.

Baca Juga: Wanita Usia Dewasa Tak Kunjung Menstruasi, segera Periksakan ke Ahli

Terkadang anak-anak tidak suka mengonsumsi sayur karena beragam alasan. Salah satunya karena rasanya yang bagi anak tidak enak. Namun dia menegaskan, bagaimanapun sayur sangat penting untuk anak.

“Sayur mungkin tidak enak di lidah, terutama anak. Tapi sayur itu sangat penting sebab mengandung mineral,” kata dia.

Menurutnya, sayur dibutuhkan sebab dalam pertumbuhannya, anak membutuhkan protein dan lemak untuk pertumbuhan otaknya. Ketika mengonsumsi protein dari hewani atau lemak, kalau tidak dibarengi fiber yang bisa didapatkan dari sayuran, akan timbul persoalan, yakni konstipasi atau sembelit.

Baca Juga: Antisipasi Anak Sakit di Malam Hari, Sediakan Obat-obat Ini

Menurutnya, salah satu tips agar anak mau memakan sayuran adalah dengan dilibatkan dalam penyajian makanan. Bisa disesuaikan dengan keinginan anak seperti apa, agar anak tertarik dan mau memakannya.

Sementara itu, di beberapa artikel menyebutkan, sayuran dan buah juga mengandung hal-hal baik yang bisa mendukung pertumbuhan anak. Misalnya untuk membantu memenuhi nutrisi, membantu mengatasi obesitas, menunjang kesehatan pencernaan dan sebagainya.

 

 

Rekomendasi
Berita Lainnya