SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Madiunpos.com, MADIUN — Sebanyak 50 ibu-ibu di Kota Madiun mengikuti tantangan berbelanja dan memasak makanan dengan modal Rp200.000. Tantangan ini untuk membuktikan uang Rp200.000 masih ada taji dan nilainya.

Aksi ibu-ibu yang digagas oleh komunitas AyoJo (Ayo Jokowi) itu untuk menegaskan perekonomian Indonesia masih dalam kondisi baik-baik saja. Aksi berbelanja dan memasak dengan modal Rp200.000 di Kota Madiun digelar di kawasan Pasar Besar Madiun, Minggu (14/10/2018) siang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dari sebanyak 50 ibu-ibu dibagi menjadi 10 kelompok. Setiap kelompok diberi modal uang tunai Rp200.000 dan kesempatan untuk membelanjakan uang tersebut dengan berbagai kebutuhan pokok. Mereka diberi waktu sekitar dua jam untuk merampungkan masakannya.

Setelah diberi modal uang Rp200.000, para ibu-ibu terlihat lincah berbelanja di Pasar Besar Madiun. Berbagai bahan makanan pun mampu dibelanjakan seperti ikan gurame, daging sapi, sayuran, bumbu dapur, dan lainnya.

Usai berbelanja, para ibu-ibu ini langsung berunjuk gigi di tempat memasak yang telah disediakan. Mereka terlihat antusias dalam memasak berbagai bahan yang telah dibeli di pasar.

Salah satu peserta tantangan ini, Nur Laila, 38, mengatakan saat ini harga bahan pokok di Madiun masih stabil. Ia membuktikan dengan uang Rp200.000 bisa mendapatkan berbagai barang kebutuhan.

Dia mencontohkan bawang merah 1/4 kg seharga Rp5.000, bawang putih 1/4 kg seharga 6.000, cabai 1/4 kg seharga Rp2.500, daging sapi 1/2 kg seharga Rp55.000, daging ayam 1 kg seharga Rp32.000, dan lainnya.

“Harga-harga yang ada di pasar masih murah. Ini dikasih modal Rp200.000 bisa untuk membuat enam sampai delapan menu,” kata dia kepada wartawan.

Nur menuturkan sebenarnya dengan modal Rp200.000 bisa untuk membuat sebanyak enam sampai delapan menu. Namun, karena waktu yang diberikan hanya dua jam, sehingga ia hanya mampu merampungkan empat menu.

Peserta lainnya, Narti, menuturkan sangat senang bisa ikut tantangan memasak dengan modal Rp200.000 ini.

“Seru banget acaranya, bisa kumpul bareng sama ibu-ibu lainnya. Kita juga membuktikan kalau dengan modal Rp200.000 bisa menjadi macam-macam masakan. Ada ikan, ayam, daging sapi. Jadi tidak hanya tahu tempe saja,” kata dia.

Koordinator AyoJo Mataraman, Ahmad Mushowir, mengatakan tantangan berbelanja dan memasak ini sebagai pembuktian uang senilai Rp200.000 masih bisa mendapatkan berbagai barang kebutuhan pokok.

Kegiatan ini tidak hanya digelar di Kota Madiun , tambah dia, melainkan juga di enam kabupaten/kota di wilayah Mataraman seperti Ponorogo, Pacitan, Ngawi, Magetan, dan Kabupaten Madiun.

“Acara Festival Masak ini diselenggarakan AyoJo Mataraman pada Sabtu-Minggu (13-14/10/2018) dan Sabtu-Minggu (20-21/10/2018). Jumlah peserta ada ratusan orang untuk seluruh wilayah Mataraman,” jelas dia.

Ahmad menuturkan kegiatan ini menjadi ajang bagi para ibu untuk unjuk gigi dalam mengatur pengeluaran rumah tangga. Tidak hanya melihat rasa masakan saja, namun keuletan ibu-ibu dalam membelanjakan uang tersebut juga menjadi nilai tersendiri.

Artinya dengan modal terbatas yang diberikan, dapat dilihat kelompok mana yang mendapatkan bahan baku masakan paling banyak.

“Daripada ibu-ibu kemakan hoaks soal harha kebutuhan pokok. Lebih baik kami membuat acara belanja dan masak bersama saja. Supaya ibu-ibu bisa membuktikan bahwa belanja di pasar dengan modal terbatas masih bisa untuk makan bersama,” jelas Ahmad.

Setelah masakan matang dan juri menilainya mulai dari unsur kekompakan tim, hasil belanja, dan makanan yang dihasilkan. Makanan yang telah disajikan selanjutnya disantap bersama warga yang hadir di acara itu. 

Silakan KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya