SOLOPOS.COM - Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Mandiri dari Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, membuat Teh Telang Biru. (Istimewa/sragenkab.go.id)

Solopos.com, SRAGEN — Apakah Anda penyuka teh namun ingin merasakan sensasi berbeda? Anda bisa mencoba teh dari bunga telang. Selain warnanya yang unik, biru keungu-unguan, teh bunga telang ini juga memiliki banyak manfaat buat kesehatan.

Jika  kesulitan mendapatkan bunga telang untuk dijadikan teh, Anda bisa membelinya dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Mandiri dari Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen. Mereka memproduksi teh telang biru. Minuman penuh khasiat ini pernah dipamerkan dalam Exporience KTNA Sragen pada akhir Juli 2022 lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua KWT Mekar Mandiri, Sudarwati, mengatakan pembuat teh telang biru ini inisiatif para ibu-ibu anggota KWT. Mereka mulai membudidayakan tanaman telang sejak 2019. “Setelah bunganya bermekaran kami panen. Bunga dikeringkan selama dua sampai tiga hari di bawah terik matahari sampai kering,” ujarnya belum lama ini, seperti dikutip Solopos.com dari sragenkab.go.id, Sabtu (1/10/2022).

Pengeringan ini agar teh telang biru bisa disimpan lebih lama, yakni sekitar satu bulan. Teh Telang Biru buatan KWT Mekar Mandiri ini dijual Rp120.000/kg.

Teh Telang Biru buatan Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Mandiri dari Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen. (Istimewa/Sragenkab.go.id)

Baca Juga: KWT Pondok Sukoharjo Manfaatkan Lahan Desa Tak Produktif Jadi Lumbung Sayur

Lalu apa manfaat teh telang biru? Tanaman Clitoria ternatea atau yang biasa dikenal dengan telang merupakan salah satu tanaman herbal yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Bagian yang sering dimanfaatkan sebagai bahan herbal yakni bunganya. Bunga Telang biru ini memiliki segudang manfaat diantaranya yakni dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat lainnya adalah sebagai anti peradangan, mencegah penuaan dini, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan kadar kolesterol.

Jika tertarik untuk membeli Teh Telang Biru buatan KWT Mekar Mandiri, Anda dapat menghubungi 085229240507. Anda juga bisa datang langsung ke Jl. Mojoroto RT 025/RW 006, Desa Sepat, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya