SOLOPOS.COM - stages/pregnancy.com

stages/pregnancy.com

Preeklamsia atau penyakit keracunan pada kehamilan saat ini masih menjadi momok menakutkan bagi ibu hamil. Penyakit yang dialami ibu hamil, bersalin dan nifas ini bahkan menjadi salah satu penyebab dari trias kematian pada ibu.
Menurut dokter spesialis kandungan RS Kasih Ibu Solo, Erwin Gunawan, trias kematian pada ibu yang selama ini terjadi adalah pendarahan, infeksi dan preeklamsia.
“Di negara berkembang, pendarahan dan preeklamsia merupakan penyebab kematian terbesar pada ibu hamil,” katanya kepada Espos, Selasa (24/4).
Meski begitu, penyakit tersebut juga banyak ditemui di negara-negara maju seperti Amerika Serikat. Apalagi, hingga kini penyebab terjadinya penyakit tersebut belum diketahui. Dia menambahkan prevalensi penyakit preeklampsia di Indonesia 3-10%, sedangkan di Amerika Serikat prevalensinya 5-7%.
“Di Amerika Serikat pendarahan sudah bisa diatasi tapi preeklampsia belum bisa diatasi dengan baik. Kalau saja penyebab penyakit tersebut sudah diketahui tentu bisa menurunkan angka kematian,” katanya.
Sementara klikdokter.com menyebut angka kematian ibu (AKI) di Indonesia masih dikontribusi kasus preeklamsia dan eklamsia. AKI saat ini Indonesia 228 per 100.000 kelahiran hidup. Kondisi itu jauh dengan Malaysia yang memiliki AKI hanya 31 per 100.000 kelahiran hidup.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya