SOLOPOS.COM - Poster Surga yang Tak Dirindukan (JIBI/Istimewa)

IBOMA 2016 merupakan penghargaan untuk film lokal terlaris.

Solopos.com, SOLO — Mulai tahun ini ada ajang penghargaan baru yang ditujukan bagi para sineas dan dunia perfilman Tanah Air. Penghargaan itu bernama Indonesian Box Office Movie Award (IBOMA).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berbeda dari Festival Film Indonesia (FFI), IBOMA 2016 lebih fokus mencari film dan sineas terbaik dari 10 film lokal terlaris. Konsep itu dianggap lebih menarik karena film yang bersaing merebut penghargaan murni yang disukai penonton.

“Ini adalah penghargaan pertama untuk film-film terlaris. Konsep menarik yang menggabungkan sisi komersil dan estetika yang sebenarnya sulit untuk digabungkan,” ungkap salah satu juri IBOMA 2016, Cesa David Lukmansyah, seperti dilansir laman Liputan6, Kamis (17/3/2016).

Poster IBOMA 2016. (Twitter.com)

Poster IBOMA 2016. (Twitter.com)

Cesa menjelaskan film yang berhak masuk ke dalam nominasi penghargaan IBOMA 2016 adalah 10 film Indonesia dengan jumlah penonton terbanyak selama periode 1 Januari-31 Desember 2015.

Sepuluh film itu adalah Surga yang Tak Dirindukan, Single, Comic 8: Casino King Part 1, Bulan Terbelah di Langit Amerika, Magic Hour, Ngenest, Di Balik 98, 3 Dara, Negeri Van Orange, dan Air Mata Surga. Film-film tersebut akan dilombakan dalam 17 kategori, antara lain Film Box Office Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, Poster Film Terbaik, Trailer Terbaik, hingga Behind The Scene Terbaik.

Malam puncak IBOMA 2016 diselenggarakan di Studio Emtek, Daan Mogot, Jakarta dan disiarkan secara langsung di stasiun televisi SCTV, pukul 19.00 WIB malam ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya