IAIN Salatiga Deklarasikan Green Campus
Wali Kota Salatiga, Yuliyanto (kiri), menghadiri peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia di Kampus 3 IAIN Salatiga, Rabu (19/9/2018). (Semarangpos.com-Humas IAIN Salatiga)

Semarangpos.com, SALATIGA — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga mendeklarasikan kampusnya sebagai Green Campus saat memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia di Kampus 3 IAIN Salatiga, Jalan Lingkar Salatiga Km 2, Selasa (19/9/2018).

Rektor IAIN Salatiga, Rahmat Hidayat, menyatakan komitmen IAIN bersama-sama Pemkot Semarang dalam membangun Kota Salatiga. “Meskipun IAIN ini instansi di bawah Kementerian Agama tetapi kami berkomitmen bersama pemkot dalam membangun Kota Salatiga,” ujar rektor IAIN Salatiga dalam keterangan resmi.

Rahmat menyebutkan saat ini jumlah mahasiswa IAIN Salatiga saat ini telah mencapai lebih dari 12.000 orang. Jumlah tersebut diharapkan bisa berkontribusi untuk ikut menjaga lingkungan Kota Salatiga.

“Kami akan menciptakan kampus bersih dan mengurangi sampah plastik untuk bersama pemkot menjaga lingkungan Kota Salatiga,” papar rektor.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Administrasi, Umum, Perencanaan dan Keuangan IAIN Salatiga, Kastolani, mengungkapkan kerja sama dengan Pemkot Salatiga saat ini menjadi langkah awal menuju Green Campus. Kegiatan lanjutan akan diselenggarakan dalam waktu dekat bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Grand desain kampus ini 60% kami sediakan untuk RTH [ruang terbuka hijau],” ujar Kastolani.

Wali Kota Salatiga, Yuliyanto, mengungkapkan masalah sampah jika tidak diselesaikan akan menimbulkan persoalan yang lebih kompleks. Karena itu dibutuhkan peran serta seluruh elemen masyarakat untuk mengatasi permasalahan ini. “Salah satu solusinya membentuk bank sampah. Jika itu (bank sampah) sudah terbentuk di tingkat RT dan RW maka persoalan itu (sampah) bisa terselesaikan,” ujar Yuliyanto.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia di Kampus 3 IAIN Salatiga berlangsung meriah ini diisi dengan berbagai lomba kreasi daur ulang sampah tingkat pelajar, lomba melukis tong sampah, lomba fashion show, dan lomba mewarnai. Selain itu kegiatan ini juga diisi dengan senam sehat, pembuatan 100 titik biopori dan penanaman bibit pohon di lingkungan IAIN Salatiga.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom