Hyundai Creta, SUV Compact yang Andal Diajak Manuver

PT Hyundai Motors Indonesia meluncurkan Creta, sebuah sport utility vehicle (SUV) dengan beragam fitur kelas atas.

 Hyundai Creta di Pantai Melasti, Bali. (Alvari Kunto Prabowo)

SOLOPOS.COM - Hyundai Creta di Pantai Melasti, Bali. (Alvari Kunto Prabowo)

Solopos.com, SOLO — PT Hyundai Motors Indonesia meluncurkan Creta, sebuah sport utility vehicle (SUV) dengan beragam fitur kelas atas. Creta adalah mobil pertama pabrikan asal Korea Selatan itu yang dibuat di Indonesia. Solopos.com, berkesempatan menjajal SUV compact ini selama 2 hari, Rabu-Kamis (26-27/1/2022) bersama puluhan jurnalis.

Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Makmur, menerangkan Creta dibekali mesin tipe 1.5L MPI berkapasitas 1.500 cc. Mesin ini sanggup menghasilkan power maksimal 115 PS pada 6.300 RPM. Sementara torsi maksimal yang dihasilkan adalah 14.7 kg-m/4.500 RPM. Mesin 4 silinder 16-valve (HLA) ini dipadukan dengan pilihan transmisi manual 6 percepatan atau transmisi otomatis intelligent variable transmission (IVT).

PromosiKota Solo Pernah Jadi Pesemaian Sastra Patriotik dan Revolusioner

Kapasitas bahan bakar sebanyak 40 liter ini dinilai cukup untuk mengajak Creta bertualang di Pulau Dewata. Tercatat pada dua hari penggunaan konsumsi bahan bakar Creta berada di angka rata-rata 15 km per 1 liter. Terlebih di Creta tipe Prime yang dipakai jurnalis terdapat pilihan mode berkendara mulai dari eco, normal, comfort dan sport. Fasilitas Bluelink yang terkoneksi pada smartphone juga membuat pengemudi termanjakan.

Sementara di sektor tampilan, Hyundai merancang Creta dengan desain grille futuristik. Bagian depan juga makin ciamik dengan penggunaan lampu DRL Parametric Jewel Hidden. Saat menyala DRL ini membentuk semacam tampilan bumerang yang mampu mengalihkan pandangan mata.

Baca Juga : Hyundai Creta Teruji Ampuh Lahap Rute Pegunungan Batur

Di bagian interior Hyundai Creta punya layar instrumen TFT ukuran 10,25 inci. Layar ini cukup menmanjakan mata dan pengemudi bisa memilih tampilan sesuai mode berkendara yang dipilih. Jika mobil lain ada penghangat jok, maka Creta justru punya ventilated seat, saat tombol dipencet, Solopos.com merasakan embusan udara sejuk dari punggung hingga paha. Ini sangat cocok bagi pengemudi Indonesia yang tinggal di daerah tropis.

Ambient lamp serta head unit berukuran 8 inci yang bisa terkoneksi dengan smartphone juga ada di Creta. Pengemudi bisa mengatur audio dari pabrikan BOSE hanya melalui tombol di bagian stir. Pada varian Prime juga terdapat tuas transmisi pada stir selayaknya transmisi pada kendaraan Formula 1. Di varian Prime ini pula ada panoramic roof dan bisa dibuka yang membuat interior makin lapang.

Hyundai rupanya tak main-main terkait fasilitas keselamatan pada Creta. SUV ini dilengkapi dengan Hill-Start Assist Control (HAC), Emergency Stop Signal (ESS), Forward Collision-Avoidance Assist, Lane Keeping dan Lane Following Assist, Blind-Spot Collision-Avoidance Assist, ada pula Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist.

Baca Juga : Bluelink Bikin Hyundai Creta Lebih Cerdas

Makmur menyatakan banyaknya fasilitas yang memanjakan pengemudi dan penumpang ini pula menjadikan Creta layak dimiliki. Hingga Januari 2022 sedikitnya 1.700 Creta telah terpesan konsumen di Indonesia. “Hebatnya komsumen inden tanpa harus melakukan testdrive atau sekadar melihat unit display,” katanya.

Hyundai menyiapkan enam varian Creta yang sudah siap diocesan di seluruh dealer Hyundai di Indonesia. Untuk varian Active MT 6-speed dijual Rp 279 juta, Trend MT 6-speed Rp299 juta, Trend IVT Rp 319 juta, Style IVT Rp 359 juta. Sedangkan varian Prime IVT dijual Rp397,5 juta serta varian tertinggi Prime IVT Two Tone Roof Rp399 juta.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

+ PLUS Pencapaian SDGs Desa Langkah Penting Mengatasi Kemiskinan Ekstrem

Pencapaian Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa menjadi bagian penting dari strategi mengatasi masalah kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Berita Terkini

Waspadai! Ini Penyebab Cat Sepeda Motor Cepat Pudar

Ada baiknya Anda mewaspadai beberapa faktor yang jadi penyebab warna cat sepeda motor cepat memudar sehingga bisa mencegahnya.

Yuk Bersihkan Plafon Mobil Usai Mudik Lebaran 2022

Kegiatan yang bisa dilakukan sendiri untuk menjaga kondisi mobil tetap nyaman adalah membersihkan plafon mobil.

Motor China, Dayang Vorei ADV 350 Dilengkapi Kamera Ganda

Sepeda motor Dayang Vorei ADV 350 memiliki postur panjang dan gagah dan diset bergaya motor matik adventure.

Ini Perbedaan Sirkuit Mandalika VS Sirkuit Formula E

Berikut perbedaan sirkuit Mandalika dan Sirkuit Formula E mulai dari aspal hingga panjang lintasan balapan.

Lokasi Kecelakaan Maut Sukoharjo Dikenal Area Black Spot, Apa Itu?

Lokasi kecelakaan maut dua sepeda motor di Nguter, Sukoharjo, dikenal area black spot. Apa itu black spot?

Kereta Kelinci Dilarang di Jalan Raya, Ini Hukumannya yang Melanggar

Dalam aturan lalu lintas, kereta kelinci tak boleh beroperasi di jalan raya. Bagi yang melanggar terancan kena hukuman ini.

Gegara Rem, Mercedes-Benz Tarik SUV 292.000 Produk 2006 - 2012

Gegara komponen rem bermasalah, Mercedes-Benz menarik lebih dari 292.000 unit SUV GL, ML, dan R-Class model tahun 2006 hingga 2012.

Ini Spesifikasi Mobil Chevrolet Suburban Yang Dipakai Jokowi di AS

Presiden Joko Widodo menggunakan Chevrolet Suburban, selama berada di Washington Amerika Serikat dalam menghadiri KTT khusus ASEAN - AS.

Bahaya! Ini Barang Yang Tidak Boleh Disimpan di Jok Motor

Ada beberapa barang yang tidak boleh disimpan di jok motor, karena bisa membahayakan pengendara dan sepeda motor.

Tak Boleh di Jalanan, Kereta Kelinci Hanya Beroperasi di Objek Wisata

Kereta kelinci seharusnya tak boleh beroperasi di jalan raya, melainkan di objek wisata yang bekerja sama dengan Dinas Pariwisata.

Cara Elegan Isuzu Panther Tunjukkan Taji Sebagai Mobil Badak

Melalui tayangan video yang viral di media sosial baru-baru ini, Isuzu Panther menunjukkan tajinya sebagai mobil badak.

Biaya Ganti Warna Mobil dan Motor di STNK dan BPKB Beserta Syaratnya

Saat ingin ganti warna mobil atau motor perhatikan juga aturan atau prosedurnya termasuk biaya yang akan dikeluarkan agar data di STNK dan BPKB sesuai.

Pilihan Motor Listrik Termurah di Indonesia, Semua di Bawah Rp15 Juta

Harga motor listrik sangat beragam dari belasan juta rupiah sampai miliaran rupiah dan ini deretan motor listrik termurah di Indonesia.

Daftar Mobil Listrik Termurah di Indonesia, Ada yang Rp400-an Juta

Meski kerap disebut lebih mahal dibandingkan mobil yang menggunakan bahan bakar fosil, berikut daftar mobil listrik termurah di Indonesia.

Mobil Termurah di Indonesia, Harganya Enggak Sampai Rp120 Juta

Ternyata mobil termurah di Indonesia dengan kondisi baru harganya enggak sampai Rp120 juta hlo. Apa jenis mobilnya?

Sukses! Bale Santai Honda & AHASS Siaga Jateng Temani Konsumen Mudik

Bale Santai Honda (BSH) serta AHASSSiaga Jawa Tengah sukses menemani dan melayani ratusan konsumen sepeda motor Honda.