SOLOPOS.COM - Api di kawasan hutan Gunung Merbabu, Jumat (4/10/2013) malam, tetap membikin warga Dukuh Tritis, Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah waswas meskipun Camat Selo, Sumanto, membantah keberadaannya. (Oriza Vilosa/JIBI/Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI — Kebakaran hutan di lereng barat daya Gunung Merbabu yang berada di atas Desa Lencoh dan Desa Jrakah, Kecamata Selo, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (4/10/2013), membuat warga waswas. Kebakaran yang ditaksir melalap 1 ha hutan itu semula hanya tampak sebagai kepulan asap di siang hari namun tampak nyata kala hari mulai gelap.

Niem, 40, warga permukiman Tritis RT 017/RW 003, Desa Lencoh yang ditemui Solopos.com, Jumat malam, mengaku cemas jika kebakaran tak kunjung padam ditangani. “Ini terjadi untuk kali kedua, memang terlihat dari sini cukup besar,” tambah warga lainnya, Surani.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Api di lokasi kebakaran terlihat sesekali meredup. Namun,  lantaran angin berhembus cukup kencang, api pun beberapa kali terlihat membesar dan merembet ke lokasi lainnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Lokasi kebakaran itu terletak sekitar 1 km dari permukiman warga. Namun beberapa warga yang ditemui Solopos.com memastikan lokasi kebakaran itu cukup berjarak dari ladang yang digarap warga.

Informasi yang dihimpun dari Mapolsek Selo, kebakaran itu diketahui warga mulai Kamis (3/10/2013). Namun kobaran api mulai dirasakan membahayakan sejak Jumat pagi.

“Pagi ada yang mengecek ke lokasi, memang cukup terjal dan pemadaman dengan air tak mungkin terjangkau oleh mobil pemadam kebakaran,” terang salah seorang petugas.

Camat Selo, Sumanto sempat membantah adanya kejadian kebarakan itu. “Tidak ada,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Jumat petang.

Sayagnya, sambungan telepon dengan Sumanto terputus lantaran gangguan sinyal. Sekitar pukul 21.00 WIB, camat belum merespons lagi telepon Solopos.com.

Berdasarkan informasi yang diterima Solopos.com, kebarakan itu terletak di dua lokasi kawasan Gunung Merbabu, yakni di Dukuh Kajor Duwur, Desa Lencoh dan Dukuh Tritis, Desa Jrakah. Kebakaran terjadi di padang rumput. Pejabat Balai Taman Nasional Gunung Merbabu belum memberi keterangan resmi terkait kejadian itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya