Kebakaran hutan di lereng Gunung Andong, wilayah Dusun Temu, Desa Jogoyasan, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (13/10/2019). (Antara-BPBD Kabupaten Magelang)

Solopos.com, MUNGKID — Kawasan hutan lereng Gunung Andong, wilayah Dusun Temu, Desa Jogoyasan, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (13/10/2019), terbakar.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto, mengungkapkan api kali pertama terdeteksi Minggu sekitar pukul 15.00 WIB. Namun sejauh ini penyebab kebakaran di Gunung Andong tersebut belum diketahui.

"Kronologi peristiwa itu, yakni pada hari Minggu sekitar pukul 17.30 WIB BPBD Kabupaten Magelang mendapat informasi Penyuluh Kehutanan Gunung Andong, Hanif, bahwa telah terjadi kebakaran hutan di lereng Gunung Andong di Dusun Temu, Desa Jogoyasan, Kecamatan Ngablak," paparnya.

Pemadaman dilakukan oleh tim gabungan dari Perhutani, MPA Girirejo, sukarelawan dari basecamp maupun sukarelawan lainnya. Menurut dia, saat ini titik api yang berada di lereng bagian tengah sudah padam dan masih terdapat satu titik api yang berada di atas tebing yang terjal.

Mengingat kondisi medan atau lokasi yang sulit dijangkau maka dilanjutkan pemantauan. "Antara tebing bagian atas dengan bawah telah dibuatkan sekat api, agar api tidak menjalar," katanya sebagaimana dipublikasikan Kantor Berita Antara, Senin (14/10/2019).

Namun, katanya, berdasarkan informasi angin berembus cukup kencang dan berubah arah menyebabkan api menjalar ke puncak. Ia menyampaikan sekitar pukul 21.15 WIB tim BPBD Kabupaten Magelang menuju lokasi kebakaran.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Sumber: Antara


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten