SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sragen (Solopos.com)--Hutan kota di Kota Sragen bakal dijadikan proyek percontohan nasional di Jawa Tengah pada tahun ini.

Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sragen menyiapkan 10 hektare dari 25 hektare hutan kota sebagai percontohan Jateng.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

ilustrasi. (dok Solopos)

Kepala BLH Sragen, Marija, kepada Espos, Rabu (16/11/2011), mengungkapkan hutan kota di kawasan Ganseha Tehnopark Sragen seluas 10 hektare sudah disurvei tim dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng. Menurut dia, luas hutan kota di kawasan tehnopark mencapai 15 hektare sehingga total luasan hutan kota di Kota Sragen mencapai 25 hektare.

“Lokasi yang menjadi percontohan Jateng merupakan satu dari empat lokasi hutan kota di Sragen. Keempat lokasi itu meliputi hutan kota di wilayah Plumbungan, Nglorog, sebelah barat Kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) dan di sekitar taman makam pahlawan Manding,” ujar Marija didampingi Kabag Humas Pemkab Sragen, Totok Sutrisnanto.

Menurut dia, selama ini belum ada aturan yang mengatur luas minimal hutan kota. Luas hutan kota di Kota Sragen, lanjut dia sudah mencukupi untuk paru-paru kota. Persentase taman kota dan hutan kota yang merupakan bagian dari ruang terbuka hijau di Sragen, sambung dia mencapai 10% dari luas wilayah di Kota Sragen.

Ia menguraikan berbagai tanaman langka bakal ditanam di beberapa hutan kota. “Jenis tanaman apa yang akan ditanam masih dikaji. Kami masih menunggu daftar tanaman dari Pemprov,” tambahnya.

(trh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya