Hutan Gunung Sumbing Terbakar

Kebakaran hutan dan lahan (karhulta) mulai merambah wilayah Jawa Tengah (Jateng). Kebakaran itu terjadi di kawasan hutan Gunung Sumbing, Kabupaten Wonosobo.nnKepala Seksi (Kasi) Kedauratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo, Sudarna, mengatakan kebakaran hutan di Gunung Sumbing terjadi sejak Minggu (11/8/2019) sore.

Hutan Gunung Sumbing Terbakar

SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran hutan. (Antara-BPBD Kabupaten Wonosobo)

Solopos.com, WONOSOBO – Kebakaran hutan dan lahan (karhulta) mulai merambah wilayah Jawa Tengah (Jateng). Kebakaran itu terjadi di kawasan hutan Gunung Sumbing, Kabupaten Wonosobo.

Kepala Seksi (Kasi) Kedauratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo, Sudarna, mengatakan kebakaran hutan di Gunung Sumbing terjadi sejak Minggu (11/8/2019) sore.

“Titik api kali pertama kita ketahui pada pukul 16.50 WIB. Tapi, tadi malam sudah bisa kita padamkan. Tadi pagi [Senin, 12 Agustus], muncul lagi titik api di kawasan hutan Gunung Sumbing. Ini sedang kami sisir untuk lakukan pemadaman,” ujar Sudarna saat dihubungi Solopos.com, Senin siang

Sudarna mengatakan saat ini ada sekitar 100 personel dari tim gabungan yang berasal dari BPBD Kabupaten Wonosobo, Perhutani Kedu Utara, Polres Wonosobo, Kodim Wonosobo dan sukarelawan Desa Banyumudal yang melakukan penyisiran agar api benar-benar padam.

Sudarna menyebutkan kawasan yang terbakar di hutan Gunung Sumbing, Minggu sore, berada pada petak 28 RPH Kleseman, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BPKH) Wonosobo, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kedu Utara di Desa Banyumudal, Kecamatan Sapuran.

“Kalau Senin tadi yang terbakar di petak 29-1. Ada tunggak kayu dan ilalang yang terbakar,” ujarnya.

Kebakaran di kawasan hutan Gunung Sumbing berpotensi meluas. Hal itu dikarenakan faktor angin yang cukup kencang di kawasan tersebut.

Kendati demikian, hingga saat ini belum diketahui luas hutan dan lahan yang terbakar. Jumlah kerugian juga belum bisa dipastikan karena masih dalam penangganan.

Disinggung penyebab kebakaran itu, Sudarna mengaku belum mengetahui. Apakah kebakaran itu disebabkan ulah manusia atau kekeringan, hal itu sepenuhnya diserahkan dalam penyelidikan aparat kepolisian.

 “Kalau penyebabnya kami belum tahu. Itu nanti kewenangan aparat kepolisian,” ujar Sudarna.

Kebakaran di hutan Gunung Sumbing bukanlah sesuatu yang baru. Pada tahun lalu, hutan di gunung yang terletak di Kabupaten Wonosobo, Temanggung, dan Magelang itu juga mengalami kebakaran. Kobaran api juga melanda kawasan hutan di gunung tersebut saat musim kemarau seperti saat ini.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

135 Kampung di Madiun Dapat Paket Alkes untuk Lawan Covid-19

Polres Madiun menyalurkan bantuan paket alat kesehatan (alkes) dari BPBD Jatim untuk 135 Kampung Tangguh Semeru.

Bantuan Mengalir untuk Bocah Yatim Piatu Akibat Covid-19 di Klaten

Selain dari pemdes, bantuan paket sembako juga pernah diberikan kepada keluarga bocah yatim piatu itu dari Polres Klaten dan Kodim 0723/Klaten.

Pengunjung Malioboro Jogja Dibatasi 200 Orang per Zona

Pemkot Jogja akan membatasi jumlah kunjungan wisatawan di kawasan Malioboro selama PPKM Level 4 diberlakukan. Akan ada petugas yang mengawasi jumlah pengunjung.

Tak Hanya Harga, Kualitas Jadi Kunci Semen Dynamix Diterima Konsumen

Ini dia rahasia perusahaan semen Dynamix yang tergabung dalam Semen Indonesia Group dalam membangun bisnis di bidang kontruksi.

Pembangunan RS Darurat Asrama Haji Donohudan Ditarget Selesai 5 Agustus 2021

Proyek pembangunan RS Darurat Covid-19 di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah, ditargetkan selesai pada Kamis (5/8/2021).

Ini Rahasia Sharp Terus Survive di Masa Pandemi Covid-19

PT Sharp Elektronik Indonesia mempunyai kiat tersendiri agar tetap bertahan atau survive di masa pandemi Covid-19 ini.

Catat! Call Center Layanan Derek Gratis Dishub Solo Ganti ke Nomor Ini

Henry menyebut pergantian nomor tidak mengubah layanan derek Dishub Solo, yakni pelayanan derek kendaraan tetap gratis namun dengan syarat dan ketentuan.

Anak Bungsu Akidi Tio Diperiksa Lagi, Polda Sumsel Masih Penasaran Sumber Dana Rp2 Triliun

Polda Sumsel masih mencari sumber dana Rp2 triliun yang rencananya disumbangkan keluarga mendiang Akidi Tio untuk penanganan Covid-19.

PPKM Level 4 Diperpanjang, Penutupan Jalan di Solo Berlanjut! Ini Daftarnya

Perpanjangan PPKM Level 4 berdampak pada penutupan enam ruas jalan di Kota Solo, Jawa Tengah, untuk mengurangi mobilitas warga.

Anak Yatim Piatu Korban Covid-19 Ternyata Ngrontrak Rumah di Jogonalan Klaten

Kisah tragis kali ini tentang bocah yang menjadi yatim piatu karena ayah dan ibunya meninggal akibat Covid-19.

Pria yang Tawarkan Barter Sepatu dengan Susu untuk Anaknya Kini Diangkat Jadi Linmas Laweyan Solo

Pria yang sempat menawarkan barter sepatu dengan susu untuk anaknya kini diangkat menjadi anggota Linmas Laweyan, Solo.

3 Bersaudara di Solo Kehilangan Ayah karena Covid-19, Gibran Bantu Biaya Pendidikan

Gibran menyebut pendidikan ketiganya dijamin sampai kuliah, minimal sarjana dan mereka dibuatkan tabungan SILA KIA yang juga program Pemkot Solo.