Tutup Iklan

HUT TNI, Gatot Sebut Institusinya Paling Dipercaya Rakyat

HUT TNI, Gatot Sebut Institusinya Paling Dipercaya Rakyat

SOLOPOS.COM - Tank AMX-13 milik Yonkav) 2/Tank Kodam IV/Diponegoro dinaiki warga saat Kirab Bendera Merah Putih di Semarang, Jateng, Minggu (13/8/2017). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyebut institusinya yang paling dipercaya oleh masyarakat.

Solopos.com, KOTABARU -- Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyebut bahwa Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah institusi paling solid dan terpercaya di mata masyarakat. Hal itu, katanya, berdasarkan survei terakhir dilakukan oleh lembaga survei Center for Strategic and International Studies (CSIS).

Hal itu dikatakan Gatot dalam pidatonya yang dibacakan Wakil Bupati Kotabaru H Burhanudin pada peringatan HUT TNI, Kamis (5/10/2017), di Kotabaru. Kondisi tersebut, kata Gatot, merupakan hasil kinerja estafet yang diukir pimpinan dan pejuang TNI yang sungguh-sungguh mereformasi institusi itu.

Dikatakannya, setiap prajurit dan aparatur sipil negara (ASN) dituntut mengedepankan tugas dan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi. Sekecil apapun sikap dan tindakan primitif akan mengganggu bahkan merusak jati diri TNI, baik sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional.

Prestasi dan kinerja optimal TNI yang telah mendapatkan penilaian positif dari masyarakat harus senantiasa dipertahankan, bahkan perlu ditingkatkan lagi di masa mendatang. Impelementasinya, prajurit TNI harus selalu menjadi suri tauladan dalam kepatuhan dan ketaatan terhadap ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku dimanapun prajurit TNI berada dan bertugas.

"Dari semua prestasi tersebut tentu berdampak pada terpeliharanya opini masyarakat terhadap pengabdian TNI. Karenanya tidak diragukan lagi, dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini publik tetap menilai bahwa TNI merupakan institusi yang paling dipercaya," kata Gatot dalam isi pidato itu. Baca juga: Soal 5.000 Senjata Ilegal, Panglima TNI Bantah Bocorkan Data Intelijen.

"Kepada seluruh prajurit dan ASN dimanapun saat ini bertugas dan berada saya ucapkan selamat ulang tahun dan Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia yang kita cintai dan banggakan bersama," lanjutnya. Baca juga: Di Depan Kabinetnya, Presiden Jokowi Tegaskan Dirinya Panglima Tertinggi.

Peringatan ke-72 hari TNI 2017 kali ini, dilaksanakan secara terpusat dengan menampilkan upacara parade, defile, dan demonstrasi kemampuan para prajurit maupun alutsista TNI. Hal ini menurut Gatot merupakan bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada Presiden selaku panglima tertinggi, dan seluruh rakyat Indonesia.

"Harapan saya, semoga semua yang ditampilkan dalam rangkaian upacara kali ini dapat memberikan gambaran yang utuh tentang pembangunan kekuatan dan profesionalisme prajurit TNI, sehingga bisa menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia terhadap TNI," katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Angka Kematian Akibat Covid-19 di India Diragukan

Angka kematian resmi akibat virus corona di India semakin diragukan, seperti di Bihar yang temuan ribuan kasus Covid-19 tidak dilaporkan.

15 Anggota KKB Papua Dilumpuhkan, 4 Tewas Ditembak

Satgas Nemangkawi menundukkan kelompok kriminal bersenjata atau KKB yang diklasifikasikan teroris di Papua.

Film Hong Kong Bakal Dikekang UU Keamanan Nasional

Hong Kong menginstruksikan sensor film apa pun yang dinilai bertentangan dengan UU Keamanan Nasional yang diberlakukan oleh China tahun lalu.

Songsong Pilkada 2024, Puan Maharani Konsolidasikan PDIP di Jatim

Baliho bergambar Ketua DPR Puan Maharani bermunculan di Jawa Timur menjelang Pemilihan Presiden 2024 dan Pilkada 2024.

Ditinjau Menteri PUPR, Proyek Pintu Air Demangan Baru Capai 60%

Selain kondisi pintu air Demangan lama yang sudah mengkhawatirkan, terjadinya perubahan iklim turut mengubah debit air sungai.

Kim Jong-un Sebut K-Pop Seperti Kanker Ganas

Pimpinan tertinggi Korea Utara Kim Jong-un menyebut hallyu atau Korean wave bagaikan kanker ganas yang merusak anak muda Korea Utara.

Asyik, Wisata Kuliner Pasar Doplang Wonogiri Mulai Buka

Wisata Pasar Doplang Wonogiri khusus menyajikan kuliner/penganan tradisional dengan mengadopsi konsep transaksi zaman dahulu.

Teken MoU dengan LSPPO, FP UNS Bekali Lulusan dengan Kompetensi Pertanian Organik

FP UNS bakal menjadi tempat uji kompetensi dan membekali lulusan dengan sertifikat kompetensi bidang pertanian organik.

Kediri Canangkan Gempur Rokok Ilegal

Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur menggandeng Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai untuk mencanangkan kampanye Gempur Rokok Ilegal.

Waduh, Ada Titik Api Baru di Pembatas Tangki Pertamina Cilacap

Pihak Pertamina Cilacap menjelaskan ada titik api baru di area 39 yang menjadi lokasi kebakaran tangki di kawasan kilang Jumat malam.

Christian Eriksen Kolaps, Denmark Vs Finlandia Dihentikan

Christian Eriksen tersungkur ke lapangan saat menerima bola lemparan ke dalam di sisi kanan pertahanan Finlandia.

Zodiak Ini Kata Astrologi Pandai Bergaul

Beberapa zodiak cenderung pemalu dan tertutup, sementara zodiak lainnya pandai bergaul sehingga sangat menarik perhatian.