HUT TNI, Dangrup 2 Kopassus Hadiahi 2 Warga Sukoharjo Hasil Perbaikan RTLH

Dangrup 2 Kopassus menyerahkan dua kunci rumah hasil perbaikan rumah tak layak huni (RTLH) warga Kartasura dan Gatak di momen perayaan HUT Ke-77 TNI.

 Warga Brontowiryan RT 001/RW 001, Ngabeyan, Kartasura, Sukoharjo, memberikan kejutan perayaan HUT ke-77 TNI kepada Grup 2 Kopasus, Rabu (5/10/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

SOLOPOS.COM - Warga Brontowiryan RT 001/RW 001, Ngabeyan, Kartasura, Sukoharjo, memberikan kejutan perayaan HUT ke-77 TNI kepada Grup 2 Kopasus, Rabu (5/10/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO — Dangrup 2 Kopassus menyerahkan dua kunci rumah hasil perbaikan rumah tak layak huni (RTLH) kepada dua warga asal desa binaan Grup 2 Komando Pasukan Khusus atau disingkat Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo.

Kedua rumah tersebut ada di Kecamatan Gatak, dan Kecamatan Kartasura. Penyerahan itu juga untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI yang jatuh di hari itu yakni Rabu (5/10/2022).

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Komandan Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Kolonel Inf Sabdono Budi Wiryanto, mengatakan dua rumah tersebut merupakan hasil kegiatan teritorial program unggulan kopassus.

Korps baret merah tersebut telah mengerjakan pembedahan rumah kurang dari satu bulan yakni sejak 12 September 2022 hingga 4 Oktober 2022 lalu.

“Kami dari rombongan Grup 2 Kopassus mau menyerahkan kunci [hasil bedah rumah RTLH] dan memberikan sedikit sembako. Semoga barokah dan mohon dirawat rumah ini, mohon maaf jika ada keterbatasan pembangunan, semoga rehab rumah ini membantu,” jelas Dangrup dalam pertemuannya dengan warga.

Baca juga: Rayakan HUT RI, Batalyon 22 Grup 2 Kopassus Gelar Olahraga Militer

Dalam kegiatan itu Dangrup menyerahkan dua kunci rumah, salah satunya kepada buruh lepas, warga Hargosari RT 003/RW 002 Sraten, Gatak, Sukoharjo, Widi Santoso, 46. Rumah yang dibedah itu diketahui milik orang tua Widi, yaitu Partini.

Dalam penyerahan kunci rumah tersebut, didampingi Kepala Desa setempat, Warsono, Widi mengungkapkan rasa terima kasihnya atas perbaikan rumahnya itu.

“Terima kasih kepada Komandan Grup 2 Kopassus, saya salut sekali dengan Grup 2 Kopassus, dulu rumah saya jelek sekarang dibangun menjadi baik dan layak saya huni,” terang Widi saat ditemui di rumahnya itu.

Diketahui rumah Widi sebelumnya telah banyak berlubang baik di atap maupun pada dinding yang hanya terbuat dari gedhek atau anyaman bambu itu. Kini rumah Widi telah berdiri kokoh dan tak lagi berlubang.

Penyerahan kunci kedua dilakukan di Brontowiryan RT001/RW 001, Ngabeyan, Kartasura. Diketahui rumah tersebut milik Sarmi Harjo Taruno, 83.

Baca juga: Bocah Sarat Prestasi Ini Berburu Gelar di Kejuaraan Menembak Kopassus

Janda anak lima tersebut nampak senang dan terharu meski secara lisan tidak mampu mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Dangrup 2 Kopassus.

Sarmi melalui anaknya, Joko Prambono, 54 mengucapkan rasa terima kasihnya karena rumah orang tuanya itu kini sudah layak huni. Kepala Desa Ngabeyan, Djoko Raharjo turut berterima kasih karena Dangrup 2 Kopassus telah memberi perhatian pada warganya.

“Rehab rumah bu Suparmi selesai dan siap ditempati, untuk itu saya berterima kasih kepada Dangrup 2 Kopassus. Semoga rumah ini bisa membawa berkah bagi keluarga dan seluruh anggota Grup 2 Kopassus,” terang Djoko usai Dangrup 2 Kopassus menyerahkan kunci pada Suparmi.

Dalam kegiatan itu juga dihadiri beberapa perangkat desa di masing-masing wilayah juga Dansat dan Kasikabalak. Grup 2 Kopassus juga memberikan sejumlah sembako bagi beberapa warga setempat.

Baca juga: Perbakin Solo Terjunkan Atlet Cilik dalam Kejuaraan Menembak Kopassus

Tak disangka beberapa ibu-ibu warga Brontowiryan, Ngabeyan, Sukoharjo justru memberikan kejutan dengan memberikan tumpeng dengan menu nasi gudangan. Tak lupa mereka memberikan roti tart lengkap dengan lilin berangka 77 sesuai ulang tahun TNI.

Diketahui Grup 2 Kopassus pada 2022 juga telah membangun tujuh RTLH lain dan satu talut di Kartasura.

Pembangunan itu berbeda dengan dua rumah yang diberikan hari ini, mengingat tujuh rumah dan satu talut itu masuk dalam program bakti karya milik Grup 2 Kopassus. Sementara dua rumah hari ini masuk dalam program unggulan.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kirab Loji Gandrung-Mangkunegaran, Ini Kuda Langganan Presiden Jokowi

      Pernikahan Kaesang-Erina dimulai dengan kirab 12 kereta kuda yang ditarik 28 ekor kuda dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022).

      Desa Masuk Area Konsesi PT Alexis, Ini Tanggapan 2 Cakades Keloran Wonogiri

      Dua Cakades Kaloran Wonogiri menyambut positif PT Alexis yang akan menambang di wilayah Kaloran.

      Kronologi Warga Desa Pilangsari Sragen Tertabrak Kereta, Sempat Diteriaki Warga

      Sempat diteriaki ada kereta, korban yang juga penyandang disabilitas rungu tidak menderngar saat KA Argo Wilis melintas.

      5.000 Sukarelawan Jokowi Menginap di AHD Boyolali Sebelum ke Pernikahan Kaesang

      Pengelola AHD Boyolali memastikan bisa menampung 5.000 sukarelawan Jokowi yang akan menghadiri pernikahan Kaesang-Erina.

      Melihat Kamboja Berguguran: Apa yang Kematian Berikan untuk Kehidupan

      Suwarsono menatap denah TPU lama sementara si tunggon itu berdiri mematung. Siklus kematian dan kehidupan itu pun berputar. Saat kematian tiba, seorang tunggon menanti datangnya uang untuk meneruskan hidupnya.

      Boyolali Hujan Ringan sejak Pagi Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini diprediksi hujan ringan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).

      Sukoharjo Berawan Sepanjang Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).

      Penghentian Siaran TV Analog Ternyata Tak Terjadi di Wonogiri

      Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Wonogiri, Heru Nur Iswantoro, mengklaim kebijakan analog switch off (ASO) atau penghentian siaran televisi (TV) analog tak akan terjadi di Wonogiri.

      Soal Penghentian Siaran TV Analog, Diskominfo Klaten Tunggu Informasi Resmi

      Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Klaten belum menerima informasi resmi terkait analog switch off (ASO) atau penghentian siaran televisi terestrial analog dilakukan di sejumlah wilayah di Jawa Barat dan Jawa Tengah mulai Jumat (2/12/2022).

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Jumat Ini: Cerah Berawan Pagi

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Jumat 2 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 2 Desember 2022, Tanpa Hujan

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 2 Desember 2022, Dominan Berawan

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Jumat Ini: Berawan Tebal Pagi dan Sore

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Jumat 2 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Kisah ODHA Boyolali: Jatuh Bangun Bertahan di Tengah Stigma Masyarakat

      Kisah ODHA di Boyolali bertahan hidup di tengah stigma masyarakat soal HIV/AIDS.

      Targetkan Three Zero HIV/AIDS, Wabup Boyolali: Penanganan Harus Keroyokan

      Penanganan HIV/AIDS di Boyolali harus keroyokan dalam rangka menyukseskan target three zero human immunodeficiency virus/acquired immune deficieny syndrome (HIV/AIDS).