Tutup Iklan

HUT SRAGEN : Hari Ini Seluruh Elemen Masyarakat Berpesta

HUT SRAGEN : Hari Ini Seluruh Elemen Masyarakat Berpesta

SOLOPOS.COM - Pemudi Sragen Berkemban Usung Tumpeng HUT ke-268 Kabupaten Mereka

HUT Sragen dirayakan secara meriah dengan upacara adat ambal warso di Alun-Alun Sasono Langen Putro.

Solopos.com, SRAGEN — Puncak peringatan hari jadi ke 269 Kabupaten Sragen digelar Rabu (27/5/2015) ini di Alun-Alun Sasono Langen Putro Sragen dengan upacara adat ambal warso dan tumpengan.

Acara akan dimulai pukul 06.00 WIB dengan arak-arakan dari Pendapa Rumah Dinas Bupati Sragen menuju alun-alun. Rombongan arak-arakan akan mengenakan busana pakaian lurik surjan lengkap dengan sarung goyor dan celana hitam komprang.
Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman, akan memimpin perayaan hari jadi tersebut hingga acara selesai. Penjelasan tersebut disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Sragen, Tugino, saat ditemui wartawan di kompleks Setda Sragen, Selasa (26/5/2015).
Dia mengatakan perayaan hari jadi merupakan wujud rasa syukur atas capaian Kabupaten Sragen selama ini. Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman, mengatakan hari jadi juga menjadi momentum refleksi bagi semua elemen di Bumi Sukowati.

"Termasuk menjadi refleksi saya dan pemerintahan ini. Saya mengakui pembangunan masih ada kekurangan. Hal ini menjadi koreksi bagi saya dan Pemkab untuk bisa berbuat lebih baik lagi ke depan. Selamat hari jadi Sragen," tutur dia.

Agus mengatakan tema perayaan hari jadi Sragen tahun ini Cintailah Sragen Sepenuh Hati. Konsep cinta dipilih sebagai tema perayaan dengan pertimbangan masak. "Kita akan memberikan apa pun saat kita benar-benar cinta," imbuh dia.

Penjelasan senada disampaikan Asisten I Setda Sragen, Parsono. Menurut dia melalui upacara ambal warso diharapkan bisa meningkatkan semangat gotong-royong menuju Sragen yang lebih ayem, tentrem, nirboyo nir sambikolo dan lebih sejahtera.

Parsono menjelaskan upacara ambal warso melibatkan ribuan orang, baik pejabat Pemkab Sragen, dan masyarakat. Nuansa tradisi dan budaya Jawa akan terasa kental selama perayaan hari jadi seiring digunakannya busana Jawa.

Salah satu panitia peringatan HUT ke 269 Sragen, Yosep Wahyudi mengatakan rombongan Bupati, pejabat, dan para seniman akan mengarak tumpeng berukuran besar dari Pendapa Rumdin Bupati menuju Alun-alun Sasono Langen Putro.

Tumpeng besar menjadi simbol harapan keselamatan bagi masyarakat Sragen. Yosep menjelaskan rombongan juga akan mengarak ratusan tumpeng ukuran kecil menuju alun-alun. "Masing-masing satker membawa tumpeng yang disiapkan sendiri," kata dia.

Sebagai pemanis acara, panitia menyiapkan 50 pasang pagar ayu dan pagar betis dari putra-putri Duta Sukowati dan PNS untuk menyambut arak-arakan tersebut. Perayaan tahun ini dipastikan lebih meriah dibandingkan perayaan tahun lalu.

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Tanda Tangan Kontrak Baru, Roberto Mancini Latih Timnas Italia hingga 2026

Pelatih tim nasional Italia Roberto Mancini telah menandatangani kontrak baru yang berlaku hingga Juni 2026.

Jegal Persik Kediri, Persis Solo Boyong Rivaldi Bawuo

Selain fasih sebagai winger kiri, posisi utamanya, Rivaldi dapat dimainkan sebagai winger kanan maupun penyerang tengah.

Setahun Lebih Pandemi Covid-19, Ini Hambatan Terberat Bagi Nakes Solo

Para tenaga kesehatan atau nakes di Kota Solo menghadapi banyak tantangan dan hambatan dalam menangani kasus Covid-19 selama pandemi.

Warga Solo Positif Covid-19 Dilarang Karantina Mandiri di Rumah, SE Terbit Hari Ini

Warga Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19 meski tanpa gejala tidak boleh lagi menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.