Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah dengan sejumlah pejabat dan anggota satuan pengamanan dalam kegiatan peringatan HUT ke-35 Satpam di Mapolresta Kediri, Rabu (30/12/2015). (JIBI/Solopos/Antara/Asmaul Chusna)

HUT Satpam diperingati Polresta Kediri dengan penuh harap atas dukungan satuan itu menjaga kamtibmas.

Solopos.com, KEDIRI — Kepala Polres Kota Kediri AKBP Bambang Widjanarko Baiin meminta satuan pengamanan (satpam) aktif berperan mendukung polisi menjaga keamanan dan keteriban masyarakat (kamtibmas). Jika satpam bisa diandalkan mendukung polisi, masyarakat diharapkan bisa lebih tenang.

"Ini merupakaan kebanggaan dan kebahagian buat kami yakni Polri. Dalam pelaksanaanya, kami berharap satpam dapat memberikan kontribusi yang positif untuk mendukung upaya pemeliharaan kamtibmas," kata kapolresta Bambang Widjanarko Baiin dalam peringatan HUT ke-35 Satpam di Mapolresta Kediri Kota, Rabu (30/12/2015).

Ia mengatakan, peran satpam terlebih lagi menjelang era masyarakat ekonomi Asean (MEA) sangat besar. Keterlibatan mereka tentunya sangat berdampak baik, terutama untuk pengamanan, dimana hal itu juga sesuai dengan fungsi satpam yang juga sebagai pengemban fungsi kepolisian.

MEA akan memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada investor, baik asing maupun dalam negeri untuk menanamkan modalnya pada berbagai bidang usaha dan industri di Indonesia. Namun, dengan MEA perlu diwaspadai masuknya komoditi asing dengan harga dan kualitas yang belum begitu dikenal.

Selain itu, dengan MEA nantinya akan lebih banyak masuknya tenaga kerja asing. Hal tesebut akan berdampak pada semakin sempitnya peluang bagi tenaga kerja lokal serta meningkatnya pengaruh budaya asing di lingkungan masyarakat. Untuk itu, peran menciptakan ketentraman dan ketertiban masyarakat oleh satpam juga diperlukan.

Kursus Spesialisasi
Satpam pun, lanjut dia, dalam proses pelatihannya juga mendapatkan bimbingan dan pendampingan dari polisi. Mereka dibekali dengan kursus spesialisasi di bidang pengamanan di industri, baik pada jenjang gada pratama, gada madya maupun gada utama.

"Upaya ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kemampuan personel satpam dalam menghadapi setiap tantangan tugas dan permasalahan yang ditemukan di lapangan, termasuk dalam pemberlakuan masyarakat ekonomi Asean yang sudah di depan mata," papar Kapolres.

Dalam acara tersebut dihadiri puluhan satpam dari berbagai perwakilan perusahaan di Kediri. Mereka melakukan upacara bendera dalam kegiatan memperingati hari ulang tahun tersebut. Kapolres Kediri Kota juga memberikan penghargaan kepada anggota satpam yang berprestasi dalam pengamanan.

Acara itu juga dimeriahkan dengan beberapa atraksi yang dilakukan oleh satpam PT Gudang Garam Tbk. Kediri, serta satpam dari Ponpes Wali Barokah. Mereka menyuguhkan tentang keterampilan teknis baris-berbaris serta teknik bela diri dengan berbagai alat.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten