SOLOPOS.COM - Ilustrasi lambang negara Garuda Pancasila di atas bendera merah putih. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

HUT ke-72 RI dirayakan warga Candi, Kota Semarang dengan mengirab bendera merah putih ke Asrama Mahasiswa West Papua.

Semarangpos.com, SEMARANG — Karang Taruna Kota Semarang bersama warga Kelurahan Candi, Candisari, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (17/5/2017), menggelar kirab bendera merah putih dan lambang negara Garuda Pancasila ke asrama mahasiswa Papua di wilayah setempat. Kirab bendera merah putih itu mereka lakukan untuk merayakan hari ulang tahun ke-72 Republik Indonesia (RI).

Promosi Cerita Klaster Pisang Cavendish di Pasuruan, Ubah Lahan Tak Produktif Jadi Cuan

kirab bendera merah putih dan Garuda Pancasila ke Asrama Mahasiswa West Papua itu dimulai dari Balai RW IV yang berjarak sekitar 300 meter. Peserta kirab itu terdiri atas 20 pemuda-pemudi warga setempat, beserta 50 anggota Karang Taruna Semarang yang mengenakan seragam putih, diikuti oleh warga sekitar, dan perwakilan jajaran muspida yang hadir.

Ekspedisi Mudik 2024

Sesampainya di Asrama Mahasiswa West Papua, dilakukan upacara penyambutan dan pembacaan Pancasila yang dilanjutkan penyerahan lambang Garuda Pancasila untuk berukuran besar untuk dipasang di depan asrama itu. Ketua Panitia Bulan Kemerdekaan RW IV Teguh Irawan menjelaskan keberadaan asrama mahasiswa Papua di wilayah tersebut relatif cukup lama dan selama ini sudah terjalin interaksi yang baik.

Kirab bendera Merah Putih itu dilakukan, kata dia, berkaitan dengan masih berkembangnya isu kemerdekaan Papua untuk memisahkan diri dari Indonesia sehingga ditunjukkanlah kebersamaan dengan kirab tersebut. “Jumlah peserta kirab ‘Garuda Pancasila, Akulah Pendukungmu’ ada 70 orang. Itu menyesuaikan angka yang tertera pada Hari Kemerdekaan RI, yakni 17-8-45 yang kalau semua bilangannya dijumlah semuanya jadi 70,” kata Teguh.

Ketua Karang Taruna Kota Semarang I Gede Ananta Wijaya menjelaskan bahwa kirab itu untuk menegaskan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang menjadi kewajiban bersama seluruh warga negara Indonesia. “Selama ini, terjadi degradasi di kalangan pemuda terhadap Pancasila dengan munculnya aksi-aksi anarkis, ekstrimisme, dan sebagainya sehingga diperlukan upaya penguatan semangat nasionalisme dan cinta Tanah Air,” katanya.

Melalui kirab tersebut, kata dia, dimaksudkan untuk saling mengingatkan sebagai satu bangsa yang berkewajiban menjaga keutuhan NKRI, dan kebetulan di wilayah tersebut terdapat asrama untuk mahasiswa dari Papua.

Sementara itu, Kepala Asrama Mahasiswa West Papua Semarang Sam yang juga pembina warga dan mahasiswa Papua di Semarang mengapresiasi inisiatif warga sekitar melakukan kirab dan penyerahan lambang Garuda Pancasila. “Ini menunjukkan sebuah kebersamaan sebagaimana sudah digariskan pendiri bangsa dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Kebetulan, lambang Garuda Pancasila berukuran besar memang kami belum punya,” katanya.

Pemasangan lambang Garuda Pancasila di dinding muka Asrama Mahasiswa West Papua Semarang itu, kian melengkapi bendera Merah Putih yang sudah berkibar di halaman depan asrama yang dihuni sekitar 30 mahasiswa asal Papua itu.

Sam menegaskan komitmen warga dan mahasiswa Papua, terutama yang bermukim di Semarang, sebagai bagian integral dari bangsa dan negara, apalagi asrama itu bernilai sejarah karena merupakan hadiah dari Presiden RI Soekarno. “Asrama ini pemberian almarhum Soekarno waktu integrasi Irian Barat pada tahun 1963. Jadi, ada nilai historis tersendiri yang menguatkan komitmen kebersamaan dan persaudaraan dalam Bhinneka Tunggal Ika,” pungkasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya