SOLOPOS.COM - Salah satu peserta mengenakan kostum khas Jawa saat mengikuti lomba lari merdeka 2016, Minggu (21/8/2016). (Abdul jalil/JIBI/Madiunpos.com)

HUT RI, ratusan orang mengikuti lomba lari merdeka dengan mengenakan berbagai kostum unik.

Madiunpos.com, PACITAN — Ratusan orang mengikuti lomba lari merdeka 2016 yang dimulai dari Alun-alun Pacitan, Minggu (21/8/2016) pukul 06.00 WIB. Peserta lomba lari ini mengenakan berbagai kostum unik saat menempuh jarak 5 km.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Madiunpos.com, ratusan orang yang terdiri atas berbagai usia mengikuti lomba lari merdeka itu. Peserta mengenakan berbagai kostum dan aksesori unik, seperti mengenakan kostum festival, sepatu highheel, pakaian pejuang, dan beberapa peserta mengecat wajahnya dengan warna merah putih. Mereka berlari sepanjang 5 km yang dimulai dari Alun-alun Pacitan dan mengelilingi wilayah kota dan finish di alun-alun.

Ekspedisi Mudik 2024

Ada beragam hadiah yang diperebutkan dalam lomba lari itu, yaitu untuk pelari tercepat ada sepeda motor, sepeda gunung, kulkas, dan berbagai alat elektronik lainnya. Selain itu, untuk kostum terunik juga mendapatkan berbagai hadiah dari panitia. Lomba lari merdeka 2016 ini merupakan salah satu acara dalam rangkaian Hello Pacitan 2016 Flaming of the sea.

Juara pertama lomba lari merdeka 2016, Wahyudin, mengatakan jauh-jauh datang dari Surabaya ke Pacitan hanya untuk mengikuti kegiatan lomba ini. Wahyudin yang merupakan anggota Batalyon Infanteri Raider 500/Sikatan Kodam V Brawijaya mengaku sudah jauh-jauh hari mempersiapkan diri untuk mengikuti kegiatan lomba ini.

“Saya setiap hari terus melakukan latihan lari, selain memang ada kegiatan itu di asrama juga untuk mempersiapkan diri dalam lomba lari ini,” kata dia.

Peserta lari merdeka lain, M. Khairul Umam, menyampaikan sangat senang mengikuti kegiatan lomba lari ini dengan mengenakan kostum bebas. Dia mengaku kegiatan ini menarik dan untuk memeriahkan HUT RI ke-71.

“Ini juga menjadi tempat bagi anak muda untuk berkreasi dan berekspresi melalui kostum unik. Jadi dalam lomba lari ini tidak hanya mengejar kecepatan saja, tetapi ada sisi unik yang bisa ditampilkan,” terang dia.

Kepala Dinas Kebudyaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Pacitan, Wasi Prayitno, mengatakan acara lomba lari merdeka ini menjadi salah satu agenda penutup di Hello Pacitan 2016. Ada ratusan orang yang mengikuti lomba lari ini dan peserta dari berbagai daerah.

“Ternyata antusiasme masyarakat terhadap kegiatan ini sangat tinggi. Kami berencana akan mengagendakan kegiatan yang sama pada tahun depan,” kata Wasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya