SOLOPOS.COM - Peserta lomba panjang pinang mencoba menaklukkan pinang yang berlumur oli di Alun-alun Pacitan, Kamis (18/8/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

HUT RI, SBY membagikan uang tunai sebagai hadiah kepada peserta lomba panjat pinang di Pacitan senilai Rp60 juta.

Madiunpos.com, PACITAN — Lomba panjat pinang yang diselenggarakan di Alun-alun Pacitan, Kamis (18/8/2016) siang, seperti menyita perhatian masyarakat kabupaten yang berjuluk Kota 1001 Goa itu. Bagaimana tidak, ribuan orang berpanas-panasan demi menonton 12 tim menaklukkan 12 pinang licin yang telah disediakan panitia.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Lomba panjat pinang pada perayaan HUT ke-71 Kemerdekaan RI ini spesial dibandingkan perayaan kemerdekaan pada tahun sebelumnya. Salah satunya yaitu di ajang perlombaan yang menjadi ciri khas lomba di HUT Kemerdekaan itu, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono membagikan Rp60 juta kepada seluruh peserta lomba.

Selama perlombaan digelar, SBY beserta istri serta Edhie Baskoro Yudhoyono berada di panggung utama untuk menyaksikan peserta memanjat pinang yang diberi oli itu. Ani Yudhoyono terlihat menggunakan kamera dan membidik peserta saat sedang memanjat pinang.

Seluruh peserta di perlombaan panjat pinang mendapatkan hadiah berupa uang tunai dari SBY dengan total Rp60 juta. Selain itu, untuk juara pertama lomba panjat pinang itu juga akan mendapatkan piala bergilir dari SBY.

Untuk juara pertama akan mendapatkan uang senilai Rp9 juta, juara kedua Rp8 juta, dan juara ketiga Rp7 juta. Sedangkan untuk sembilan tim peserta lainnya akan mendapatkan uang senilai Rp4 juta/tim. Hadiah dari SBY ini lain dari hadiah yang sudah disiapkan panitia yaitu setiap tim akan mendapatkan Rp2 juta beserta berbagai hadiah hiburan yang ada di puncak pinang.

Salah satu anggota tim panjat pinang dari Kecamatan Kebonagung, Kaseni, mengatakan lomba panjat pinang HUT RI ke-71 sangat spesial karena disaksikan secara langsung dan ada piala bergilir dari salah satu putra terbaik Pacitan, SBY.

Tim dari Kecamatan Kebonagung tercatat sebagai pemenang juara pertama lomba panjat pinang dan mendapatkan piala bergilir dari SBY. Dia mengaku timnya tidak melakukan persiapan apapun dalam mengikuti perlombaan ini.

“Kunci kami hanya kekompakan, ketelatenan, kesabaran, dan nafas. Karena untuk menaklukkan pinang yang dilumuri oli memang susah dipanjat,” kata dia.

Ani Yudhoyono dalam penyerahan piala bergilir itu, mengatakan beberapa warga mengikuti lomba panjat pinang telah diabadikan dalam hasil fotonya. Salah satu yang menjadi objeknya yaitu Suranto yang menjadi pemenang di lomba panjat pinang 2016 ini.

“Suranto ini selama ini meniru sosok figur SBY. Saya tidak menyangka timnya Suranto bisa menjadi yang pertama dalam mendapatkan piala bergilir dari SBY,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya