SOLOPOS.COM - Peserta lomba panjang pinang mencoba menaklukkan pinang yang berlumur oli di Alun-alun Pacitan, Kamis (18/8/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

HUT RI di Pacitan dimeriahkan dengan lomba panjat pinang dengan memperebutkan piala bergilir Presiden RI ke-6 SBY.

Madiunpos.com, PACITAN–Ribuan orang menyaksikan lomba panjat pinang dalam rangka memperingati HUT ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia di Alun-alun Pacitan, Kamis (18/8/2016) sekitar pukul 15.00 WIB. Lomba panjat pinang ini memperebutkan piala bergilir dari Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ada 12 tim dari 12 kecamatan di Pacitan yang mengikuti lomba panjat pinang itu. Masing-masing pinang terdapat berbagai hadiah seperti kaus, tas belanja, baju, celana, dan uang tunai senilai Rp2 juta. Selain mendapatkan hadiah di pinang yang berdiri tegak itu, ada hadiah uang pembinaan dari SBY dan Edhi Bhaskoro Yudhoyono atau Ibas.

Meski terik matahari sangat menyengat siang itu, tetapi para peserta panjat pinang tetap bersemangat untuk memanjat pinang yang sudah dilumuri oli tersebut. Ribuan penonton yang memadati Alun-alun Pacitan juga tampak menikmati sajian perlombaan itu.

Pada saat perlombaan dimulai, masing-masing tim yang terdiri dari lima orang tersebut mulai mencoba untuk menaklukkan pinang licin tersebut. Masing-masing tim melakukan berbagai strategi untuk menuju ke puncak pinang dan mengibarkan bendera merah putih yang ada di atas pinang.

Perlombaan panjat pinang ini dibagi menjadi tiga tahap, tahap pertana hanya empat orang di masing-masing tim yang diperbolehkan untuk memanjat pinang dan tidak boleh menggunakan alat bantu apapun dalam waktu 30 menit. Tahap kedua yaitu dengan waktu selama 30 menit yaitu dengan lima orang di masing-masing tim untuk memanjat tanpa menggunakan alat bantu apapun. Dan tahap terakhir dengan durasi waktu 25 menit dan diperbolehkan menggunakan alat bantu.

Dalam perlombaan itu, SBY beserta istri Ani Yudhoyono beserta rombongan secara langsung menonton di panggung yang disediakan panitia.

Ketua Panitia Lomba Panjat Pinang, Agus Wibisono, mengatakan ada 12 tim dari 12 kecamatan yang ada di Pacitan. Para peserta ini memperebutkan piala Presiden RI ke-6 SBY dengan hadiah uang pembinaan juara pertama senilai Rp5 juta, juara kedua Rp4 juta, dan juara ketiga Rp3 juta.

“Kami sangat berterima kasih dan bangga kepada Presiden RI ke-6 SBY menghabiskan waktu di hari kemerdekaan bersama masyarakat Pacitan,” kata Bupati Pacitan, Indartato.

Indartato menyampaikan lomba panjat pinang ini merupakan wujud persatuan antara pemerintah, pengusaha, dan masyarakat Pacitan. Pendanaan acara ini selain dari APBD Kabupaten Pacitan juga ada sumbangan dari para pengusaha yang ada di Pacitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya