SOLOPOS.COM - Ilustrasi pasukan pengibar bendera (JIBI/Harian Jogja/Antara)

HUT ke-72 RI disongsong Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dengan mengukuhkan 27 pelajar personel pasukan pengibar bendera (paskibra).

Semarangpos.com, SEMARANG — Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyongsong hari ulang tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia (RI) dengan mengukuhkan 27 pelajar SMA dan sekolah sederajat menjadi personel Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Upacara Hari Kemerdekaan Kota Semarang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kalian ini adalah pilihan dari ratusan ribu yang mendaftar menjadi Paskibraka Kota Semarang,” kata Hendi—sapaam Hendrar Prihati—kepada ke-27 anggota paskibra yang terpilih untuk upacara HUT Ke-72 RI di Kota Semarang itu seusai pengukuhan, Senin (14/8/2017).

Hendi menjelaskan proses rekrutmen anggota Paskibra Kota Semarang melalui serangkaian seleksi yang ketat dan pelatihan panjang yang harus dijalani selama 21 hari. Pemerintah Kota Semarang, kata dia, merasa bangga dan senang dengan terpilihnya 27 pelajar, terdiri atas 14 perempuan dan 13 laki-laki itu sebagai Paskibra Kota Semarang untuk tahun 2017 ini.

“Kesempatan ini [menjadi paskibra] bisa menjadi modal awal yang digunakan sebagai batu loncatan untuk meraih cita-cita dan harapan. Tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras dan keberhasilan tanpa perjuangan,” wantinya.

Oleh karena itu, Hendi mengajak para paskibra terpilih untuk melaksanakan tugasnya dengan baik saat upacara peringatan Hari Kemerdekaan yang berlangsung di Balai Kota Semarang, 17 Agustus 2017 mendatang. Dikatakannya, kemerdekaan RI adalah keramat karena mengandung nilai-nilai sejarah di dalamnya karena kemerdekaan bukan sebuah kerja instan yang diberikan penjajah kepada Indonesia, tetapi buah dari kerja keras para pahlawan.

“Maka sudah sepantasnya sebagai warga Indonesia berpikir untuk mengisi pembangunan, termasuk di Kota Semarang. Kemerdekaan itu melalui pengorbanan jiwa dan raga para pahlawan,” kata politikus PDI Perjuangan itu.

Sementara itu, Rashinta Tahnia, salah seorang personel Paskibra Kota Semarang mengungkapkan kebanggaannya terpilih sebagai anggota pasukan yang bertugas pada Upacara Bendera 17 Agustus mendatang. Sebab, menurutnya tidak orang semua bisa mendapatkan kesempatan semacam itu.

“Menjadi Paskibraka memang impian saya sejak sekolah dasar [SD]. Tidak semua bisa berkesempatan menjalankan tugas ini. Saya akan mengerahkan seluruh kemampuan untuk menjalankan amanah ini secara maksimal,” pungkasnya.

Turut hadir pada pengukuhan Paskibra Kota Semarang itu, di antaranya jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Semarang, pimpinan perangkat daerah, serta Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Semarang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya