SOLOPOS.COM - Lemper kemerdekaan ala Hotel Aston Madiun dibuat untuk memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI, Rabu (16/8/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

HUT RI, Hotel Aston Madiun membuat lemper raksasa.

Madiunpos.com, MADIUN — Hotel Aston Madiun memberikan kado istimewa pada HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan membuat lemper raksasa seberat lebih dari 100 kg. Lemper unik itu memiliki ukuran 120 cm X 140 cm.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Lemper kemerdekaan ala Aston Madiun disajikan khusus dan dimakan bersama oleh pengunjung hotel dan tamu undangan di hotel setempat, Rabu (16/8/2017) sore.

Biasanya lemper dibungkus dengan daun pisang, namun lemper kemerdekaan ini tidak. Lemper kemerdekaan ala Aston Madiun berbentuk persegi panjang dengan ketebalan 15 cm. Bagian atas lemper terdapat angka 72 yang menunjukkan umur Kemerdekaan RI. Selain itu juga ada tulisan “Indonesia Kerja Bersama” di permukaan lemper.

Ekspedisi Mudik 2024

Isian dalam lemper itu juga beragam yaitu abon sapi, abon ayam, dan abon lele.

Chef Hotel Aston Madiun, Aries Trihantoro, mengatakan lemper kemerdekaan ala Aston Madiun terbuat dari 60 kg ketan, santan kelapa 20 liter, abon sapi 5 kg, abon ayam 40 kg, dan abon lele 5 kg.

Lemper kemerdekaan ala Hotel Aston Madiun dibuat untuk memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI, Rabu (16/8/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Lemper kemerdekaan ala Hotel Aston Madiun dibuat untuk memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI, Rabu (16/8/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Aries menuturkan cara pembuatannya ketan direndam semalam. Setelah itu ketan tersebut direbus menggunakan santan kelapa dan dikukus selama 12 jam. Tunggu adonan ketan itu hingga mengembang dan benar-benar matang.

“Setelah itu baru abon dengan tiga varian itu dimasukkan ke dalam lemper yang sudah mengembang itu,” jelas dia.

Aries menyampaikan pembuatan lemper kemerdekaan ala Aston Madiun membutuhkan waktu sekitar 24 jam. Karena mudah basi, jajanan pasar ini harus segera dihabiskan dan tidak bisa disimpan lama-lama.

Proses paling sulit, kata dia, yaitu di bagian pewarnaan untuk pembuatan logo kemerdekaan. Selain bagian itu, proses pembuatannya tidak rumit.

Public Relation Hotel Aston Madiun, Emang Elham Pujiannya, mengatakan pembuatan lemper raksasa ini sebagai bentuk partisipasi Aston dalam merayakan hari kemerdekaan. Sebelumnya, Aston juga telah menggelar berbagai perlombaan mulai Senin lalu.

“Kami memilih lemper sebagai makanan inovasi karena lemper kan makanan yang sangat populer di masyarakat. Filosofi lemper sendiri juga sangat mendalam yaitu yen dilem atimu ojo memeper yang berarti ketika dipuji hatimu jangan sombong. Atas dasar itu, kami membuat lemper untuk menyambut kemerdekaan RI,” terang Emang.

Seorang pengunjung, Astri Nur, mengatakan lemper yang disajikan di Aston Madiun enak dan empuk. Salah satu keistimewaan lemper tersebut yaitu ukurannya yang berbeda dari lemper pada umumnya.

“Enak rasanya. Ukurannya besar banget, itu yang membuat lemper di Aston ini berbeda,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya