SOLOPOS.COM - Gunung Merapi (Gigih M. Hanafi/JIBI/Harian Jogja)

Jumlah pendaki Gunung Merapi dibatasi saat peringatan HUT RI.

Solopos.com, KLATEN — Jumlah pendaki yang akan naik ke Gunung Merapi bertepatan dengan perayaan HUT RI akan dibatasi. Pembatasan dilakukan mempertimbangkan kapasitas area perkemahan di Pasar Bubrah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jumlah pendaki pada perayaan HUT RI cenderung meningkat karena banyak yang ingin merayakan kemerdekaan dengan menggelar upacara bendera di puncak gunung. Kepala Resort Kemalang dan Pengendali Ekosistem Hutan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), Arif Sulfiantono, mengatakan pembatasan dilakukan selama tiga hari yakni 15-17 Agustus.

Jalur resmi pendakian Gunung Merapi yakni melalui Selo, Kabupaten Boyolali, serta jalur pendakian Sapuangin, Kabupaten Klaten. “Untuk Sapuangin itu satu harinya dibatasi 50 orang sehingga tiga hari 150 orang. Selo sampai 2.500 orang selama tiga hari. Pertimbangan utamanya karena kapasitas yang mampu menampung sampai Pasar Bubrah sebanyak itu,” urai Arif saat ditemui di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Rabu (9/8/2017).

Arif mengatakan jalur pendakian terbagi dalam empat pos baik melalui jalur Selo maupun Sapuangin. Ia mengatakan jumlah pendaki setiap naik ke pos pendakian dibatasi.

“Di jalur Sapuangin itu harus naik 10 orang dulu. Ketika sudah sampai di pos II, itu maksimal 20 orang tidak bisa lebih,” kata dia.

Arif mengatakan para pendaki dilarang naik hingga puncak Gunung Merapi. Selain itu, mereka diminta menjaga kebersihan dan tak melakukan vandalisme.

“Utamanya yang terlarang itu jangan naik ke puncak Gunung Merapi karena bahaya letusan freaktif. Kemudian ada bahaya gas beracun juga. Para pendaki juga akan diberikan kantong plastik agar mereka membawa pulang sampah-sampah selama di pendakian,” ujar dia.

Salah satu pengelola jalur pendakian Sapuangin, Desa Tegalmulyo, Kemalang, Martono, mengatakan rata-rata jumlah pendaki yang melintasi jalur Sapuangin mencapai 16-18 orang. Jumlah pendaki pada akhir pekan berkisar 20 orang.

Panjang jalur pendakian melalui Sapuangin 5,4 km hingga Pasar Bubrah dengan empat pos pendakian. Martono mengatakan ada 13 warga yang menjadi tim rescue di jalur Sapuangin.

“Untuk retribusi naik melalui jalur Sapuangin itu pada hari biasa Rp41.000/orang dan libur Rp43.500/orang. Untuk pendakian perayaan HUT Kemerdekaan memang sudah ada yang mendaftar,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya