SOLOPOS.COM - ilustrasi konser musik (JIBI/dok)

HUT RI di Solo antara lain akan dimeriahkan dengan pergelaran Apresiasi Musik Kebangsaan.

Solopos.com, SOLO–Menggandeng anak-anak muda, Solo kembali menggelar Apresiasi Musik Kebangsaan (AMK). Pentas peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut bakal diselenggarakan, Jumat (18/8/2017), di Benteng Vastenburg. Mengangkat semangat nasionalisme lewat lagu-lagu kebangsaan, agenda tahunan Pemkot Solo ini dimeriahkan sejumlah musisi muda dari berbagai daerah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satunya adalah Zarro Devega. Zarro adalah musisi jaz multi talenta asal Palu, Sulawesi. Selain menyanyi ia juga seorang komposer, arranger dan gitaris. Bersama band lamanya, Zarro telah menelurkan empat album. Mereka juga masuk nominasi ajang SCTV Award serta AMI Award kategori best ethnic music dan best jazz.

Bintang tamu kedua yang bakal memeriahkan agenda tahunan di Solo ini adalah Carolina Agustine Kamarie atau Inna Kamarie. Ia bergabung dengan Dewi Dewi di bawah Republik Cinta Manajemen sebelum memutuskan bersolo karier.

Sementara dari musisi lokal dimeriahkan Bengawan Symphony Orchestra dan Fisip Meraung. Kepala Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Solo, Nunuk Mari Hastuti, Senin (14/8), mengatakan para band pengisi bakal menggaungkan lagu-lagu kebangsaan selama pementasan.

“Tentunya juga diisi dengan lagu andalan mereka. Tapi yang paling utama mereka bakal membawakan lagu-lagu kebangsaan,” kata dia. AMK Nunuk digelar untuk menumbuhkan kembali semangat nasionalisme generasi muda. Selama ini Nunuk menilai banyak remaja yang mulai lupa lagu kebangsaan. Dengan pentas ini semangat kemerdekaan bisa digerakkan melalui musik dan nyanyian mereka.

Pada hari yang sama perayaan kemerdekaan juga dimeriahkan dengan kirab pawai pembangunan. Pawai digelar mulai pukul 14.30 WIB dari Koridor Bhayangkara menuju Jalan Slamet Riyadi hingga Balaikota. Seperti biasa, pawai ini dimeriahkan perwakilan dinas pemerintahan Pemkot solo yang dikategorikan dalam kelompok Waras, Wasis, Wareg, Mapan, Papan, kelompok kecamatan, dinas kebudayaan, pariwisata, UMKM, TNI – Polri, dan sejumlah instansi swasta.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya