HUT RI, Ada Upacara di Bawah Permukaan Air di Umbul Ponggok Klaten

Belasan orang menggelar upacara bendera di bawah permukaan air Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Rabu (17/8/2022).

 Para peselam mengibarkan bendera di dalam Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo setelah menggelar upacara bendera memeringati HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022). (Istimewa/Pengelola Umbul Ponggok)

SOLOPOS.COM - Para peselam mengibarkan bendera di dalam Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo setelah menggelar upacara bendera memeringati HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022). (Istimewa/Pengelola Umbul Ponggok)

Solopos.com, KLATEN — Belasan orang menggelar upacara bendera di bawah permukaan air Umbul Ponggok, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Rabu (17/8/2022). Upacara digelar untuk memeringati HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Ada 18 orang yang mengikuti upacara di permukaan air umbul yang dikenal dengan keindahan bawah airnya itu. Mereka merupakan anggota SAR Klaten, SAR Solo, serta karyawan Umbul Ponggok.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Para peserta mengikuti upacara menggunakan peralatan selam. Bendera dikibarkan dari dasar kolam berkedalaman 3,2 meter hingga muncul ke permukaan.

Kepala Divisi Wisata Berdesa BUM Desa Tirta Mandiri Ponggok, Suyantoko, mengatakan upacara digelar selayaknya upacara pada umumnya. Namun, upacara kali ini dilakukan di dasar air.

Selain petugas yang mengikuti upacara di bawah permukaan air, karyawan dan pengunjung mengikuti upacara tersebut dari tepian kolam umbul.

Baca Juga: Pemkab Klaten Tak Gelar Karnaval saat HUT RI, Ini Gantinya

“Di dalam air tidak sampai 10 menit dari proses pengibaran sampai selesai. Setelah itu peserta keluar dari dalam kolam dilanjutkan mengheningkan cipta,” kata Suyantoko kepada wartawan di Umbul Ponggok.

Upacara di dalam Umbul Ponggok itu menjadi agenda tahunan. Namun, selama dua tahun sebelumnya upacara bendera hanya diikuti karyawan Umbul Ponggok lantaran pandemi Covid-19.

Suyantoko menjelaskan upacara tersebut digelar untuk membangun rasa nasionalisme. Upacara di bawah permukaan air atau under water tersebut menjadi keunikan serta ciri khas yang ada di Umbul Ponggok.

Salah satu karyawan Umbul Ponggok, Bayu Indargo, 23, mengatakan tantangan pengibaran bendera di bawah permukaan air, yakni menjaga posisi tubuh agar tetap berada di dasar umbul. Selain itu, saat proses pengibaran bendera, lagu Indonesia Raya tidak terdengar.

Baca Juga: Peroleh Remisi Kemerdekaan, Begini Komentar Warga Binaan di LP Klaten

“Jadi kami main feeling saja ketika pengibaran bendera sambil menyanyikan Indonesia Raya di dalam air,” kata dia.

Di tempat lain, pengendara kendaraan yang melintas di simpang tiga Tugu Adipura, Jl. Pemuda, Klaten kompak berhenti sejenak sekitar tiga menit untuk memeringati detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI, Rabu (17/8/2022).

Berdasarkan rilis yang diterima dari Diskominfo Klaten, sirene mulai berbunyi di setiap lampu lalu lintas di sekitar Tugu Adipura tepat pukul 10.00 WIB. Petugas Polres Klaten lantas memberhentikan para pengendara dan mengimbau untuk memberikan hormat.

Salah satu pelajar SMP yang juga mengayuh sepeda, M. Alifi Gibran, sempat dibuat bingung dengan aba-aba itu. Namun, dia tetap mengikuti imbauan yang diberikan petugas dan memberikan hormat.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Nikmatnya Soto Legendaris Mbok Dele Klaten, Jujukan Para Artis-Seniman Kondang

      Warung soto Mbok Dele menjadi salah satu warung legendaris di Klaten.

      Piknik ke Solo Sukoharjo Wongiri Naik KA Batara Kresna, Hanya Rp4.000/Orang

      Perjalanan menyenangkan Solo - Sukoharjo - Wonogiri menggunakan Kereta Api (KA) Batara Kresna dengan tarif hanya Rp4.000 per penumpang.

      54 Jabatan Perangkat Desa di Karanganyar Tak akan Diisi, Ini Alasannya

      Ada beberapa sebab puluhan jabatan perangkat desa di Kabupaten Karanganyar tidak diisi. Di antaranya adalah jabatan yang kosong diisi dari mutasi perangkat desa lainnya.

      Jamu Jampi Usodo, Warisan Nusantara Menyehatkan Dunia

      Jamu, dari bahasa Jawa kuno jampi atau usodo sebagai salah satu minuman tradisional Indonesia, telah diajukan ke UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Nusantara yang menyehatkan dunia.

      Tiket Presale Konser Dewa 19 Solo di Edutorium UMS Ludes, Sisa Harga Normal

      Tiket presale konser Dewa 19 di Solo yang akan diselenggarakan pada 26 November 2022 di Edutorium UMS Sukoharjo ludes dibeli Baladewa.

      Dinilai Kurang Aman, Jembatan Sasak Bengawan Solo akan Diganti Jembatan Darurat

      Pemkot Solo berencana mengganti jembatan sasak di Kampung Beton, Kelurahan Sewu, ke Mojolaban, Sukoharjo, dengan jembatan darurat yang lebih aman.

      Wow! Penyandang Disabilitas Wonogiri Digelontor Rp1,2 Miliar

      Pemkab Wonogiri memberikan bantuan sosial (bansos) kepada 350 penyandang disabilitas di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Jumat (30/9/2022).

      Keren! Mobil Listrik Mahasiswa UMS bakal Bersaing di Kompetisi Internasional

      Mobil listrik buatan mahasiswa UMS akan turut dalam kompetisi Shell Eco-marathon 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

      Harga Kedelai Stabil Tinggi, Perajin Tempe Wonogiri Terpaksa Perkecil Ukuran

      Harga kedelai di Wonogiri stabil tinggi, sejak munclnya pandemi Covid-19 hingga sekarang.

      Pendaftar Perempuan Kurang dari 30%, Perekrutan Panwascam Sragen Diperpanjang

      Bawaslu Sragen memperpanjang masa pendaftaran panwascam di empat kecamatan karena tak terpenuhi kuota 30% pendaftar perempuan.

      Total Ada 3 Jembatan Sasak Sukoharjo - Solo, Ada yang Baru Proses Bangun

      Total ada 3 jembatan sasak Sukoharjo - Solo yang digunakan sebagai jalur alternatif warga selama penutupan Jembatan Mojo dan Jurug. Salah satunya masih proses pembangunan.

      Polres Karanganyar Salurkan Bantuan 20 Ton Beras

      Polres dan polsek-polsek di Kabupaten Karanganyar serentak menyalurkan bantuan beras total 20 ton kepada warga yang membutuhkan.

      Ditinggal Salat Jumat di Al Aqsha Klaten, 2 Helm Warga Trucuk Diembat Maling

      Aksi pencurian helm terjadi ketika pemilik sedang melaksanakan salat Jumat di Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Jumat (30/9/2022) pukul 12.17 WIB.

      Jeritan Pelaku UMKM Karanganyar, Bahan Baku Naik Hingga Daya Beli Menurun

      Pelaku UMKM di Karanganyar berharap ada bantuan imbas dari kenaikan BBM. Mereka mengaku omzet mereka merosot setelah harga bahan baku naik dan daya beli masyarakat menurun akibat harga BBM naik.

      Launching Sidoguro Klaten Desember 2022, Mulyani Masih Impikan Kereta Gantung

      Bukit Sidoguro hingga kini masih ditutup lantaran ada proyek penataan di objek wisata yang berlokasi bersebelahan dengan Rawa Jombor, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat tersebut.