SOLOPOS.COM - Kudus Arts and Fashion Carnival (Karshival) memeriahkan Festival Karnaval Budaya Kudus, Sabtu (23/9/2017) malam. (JIBI/Solopos/Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif)

HUT Kabupaten Kudus, Sabtu (23/9/2017), dirayakan dengan Festival Karnaval Budaya.

Semarangpos.com, KUDUS – Festival Karnaval Budaya yang digelar dalam rangka hari jadi Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (23/9/2017), berlangsung meriah dan mampu menyedot ribuan penonton meskipun digelar pada malam hari. Warga mulai berdatangan dan memadati kompleks Alun-Alun Kudus sejak pukul 17.00 WIB, meskipun acara baru dimulai pukul 19.30 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Masyarakat yang hendak menuju kompleks alun-alun dari berbagai penjru terpaksa bersabar karena arus lalu lintas menuju Alun-Alun Kudus itu cukup padat. Penantian masyarakat selama satu jam lebih, akhirnya terobati menyusul dimulainya acara yang ditandai dengan penampilan pelajar yang memakai busana unik, menyerupai aneka bunga, kupu-kupu, serta masih banyak lagi.

Peserta Karshival atau Kudus Arts and Fashion Carnival yang beranggotakan pelajar berbagai SMP, SMA dan SMK, serta perguruan tinggi tampil atraktif dengan balutan gaun unik dengan paduan aneka warna yang jarang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Masing-masing peserta menampilkan tema desain gaun pakaian yang berbeda-beda, namun teyap memvisualisasi budaya khas Kudus.

Setelah penampilan Kudus Arts and Fashion Carnival, Festival Karnaval Budaya Kudus berlanjut dengan pentas tari garapan Kudus Niaga. Pada giliran berikutnya, tampil drum band Stimart AMNI Semarang yang atraktif.

Bupati Kudus Musthofa di Kudus, Sabtu, mengungkapkan, bahwa kegiatan Festival Karnaval Budaya ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Jadi ke-468 Kota Kudus. “Semua kegiatan yang digelar ditujukan untuk masyarakat Kudus,” ujarnya.

Menurut dia, kegiatan Sabtu malam ini bukan sekadar agar HUT Kudus terlihat gemebyar, namun ada sesuatu yang dirasakan masyarakat Kudus secara nyata.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Yuli Kasiyanto mengungkapkan, bahwa pergelaran Festival Karnaval Budaya diikuti puluhan peserta. Di antaranya, papar dia, finalis duta wisata Kabupaten Kudus sebanyak 12 pasang, sedangkan peserta Karshival sebanyak 18 peserta.

Sementara itu, peserta karnaval budaya, kata dia, berasal dari enam sekolah tingkat SMP dan tujuh sekolah tingkat SMA/SMK, serta 10 peserta dari kelompok umum. Ia mengatakan kegiatan ini dalam rangka melestarikan nilai-nilai tradisi dan adat istiadat budaya lokal daerah, mengangkat potensi seni dan budaya serta mempromosikan tradisi budaya yang ada di Kudus.

“Mudah-mudahan, kegiatan tersebut mampu mendorong kreativitas masyarakat, terutama dalam menciptakan desain pakaian unik,” ujarnya. Selain itu, imbuh dia, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memberi hiburan yang segar dan edukatif kepada masyarakat dengan menampilkan pentas seni dan budaya yang berkarakter khas Kota Kudus.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya