SOLOPOS.COM - Pawai Budaya bertema Wayang Jogja Night Carnival memperingati HUT Kota Jogja diadakan di Tugu Jogja (Facebook Tic Kota Jogja)

HUT Kota Jogja dihadiri ribuan orang.

Harianjogja.com, JOGJA — Ribuan warga Jogja dan sekitarnya memadati kawasan Tugu Jogja, Jumat (7/10/2016) malam untuk menyaksikan pawai budaya bertajuk Wayang Jogja Night Carnival. Tontonan gratis semarak pesta rakyat ini menjadi puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jogja ke-260.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

(Baca Juga : HUT KOTA JOGJA : Pawai Budaya Dibawakan dengan 2 Bahasa Pengantar)

Sesuai temanya, peserta pawai sebanyak 14 kelompok perwakilan dari masing-masing kecamatan di Jogja menampilkan tokoh wayang mulai dari Anoman, Kresna, Gatotkaca, Semar, Srikandi, sampai Arjuna. Uniknya tokoh wayang yang dihadirkan dimodifikasi dengan berbagai kreasi.

Masing-masing peserta pawai dari Jembatan Gondolayu Jalan Jenderal Sudirman, kemudian melakukan atraksi di plataran Tugu sebelum melanjutkan ke Jalan Mangkubumi. Peserta pertama dalam kesempatan tersebut dari Kecamatan Mergangsan dengan tokoh wayang Anoman.

Namun, tokoh Anoman dikemas dalam bentuk patung besar yang kemudian diarak oleh 70 orang. Kemudian diiringi dengan tari-tarian dan pengiring musik modern. Demikian tokoh Semar dari Kecamatan Ngampilan juga dikalaborasikan dengan Naga besar menandakan kehidupan warga Jogja dan Tionghoa berdampingan dengan damai. Wujud keramahan warga Jogja.

Pawai yang dimulai sejak pukul 18.30 WIB ini juga menarik wisatawan. Banyak wisatawan asing yang rela ikut berdesak-desakan dengan warga sekitar. Bahkan ada yang tidak bisa mendekat ke area Plaza Tugu sehingga hanya menonton pertunjukan melalui layar lebar yang disediakan di sekitar Tugu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya