SOLOPOS.COM - Kasatlantas Sukoharjo, AKP Christian Aer, memasangkan stiker safety riding di kaca depan mobil anggota komunitas otomotif di Kota Makmur, Minggu (22/9/2013) pagi. (Istimewa)

 Kasatlantas Sukoharjo, AKP Christian Aer, memasangkan stiker safety riding di kaca depan mobil anggota komunitas otomotif di Kota Makmur, Minggu (22/9/2013) pagi. (Istimewa)


Kasatlantas Sukoharjo, AKP Christian Aer, memasangkan stiker safety riding di kaca depan mobil anggota komunitas otomotif di Kota Makmur, Minggu (22/9/2013) pagi. (Istimewa)

Solopos.com, SUKOHARJO — Jajaran Satlantas Polres Sukoharjo menggelar sosialisasi tertib berlalu lintas kepada puluhan anggota komunitas otomotif di Kota Makmur, Minggu (22/9/2013) pagi.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kegiatan dipusatkan di Simpang Lima (Proliman) Sukoharjo. Kapolres Sukoharjo, AKBP Ade Sapari, melalui Kasatlantas AKP Christian Aer, saat ditemui wartawan mengatakan sosialisasi safety riding diikuti sekitar 50 anggota komunitas sepeda motor dan mobil. Sosialisasi digelar dengan memasangkan stiker di kendaraan para anggota komunitas otomotif. Diharapkan, mereka bisa menjadi pelopor tertib berlalu lintas di lingkungan komunitas masing-masing.

“Kegiatan ini adalah ajakan untuk tertib berlalu lintas,” katanya.

Setelah pemasangan stiker, petugas Satlantas Sukoharjo bersama anggota komunitas otomotif melakukan perjalanan (touring) keliling kawasan kota Sukoharjo. Perjalanan dimulai dari Simpang Lima Sukoharjo menuju tugu batas kota lalu melewati Kompleks PT Sritek, Bangjo Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo dan berakhir di titik pemberangkatan.

Tes Skill

Kasatlantas menjelaskan, kegiatan keliling kawasan kota Sukoharjo dimaksudkan untuk sosialisasi safety riding kepada masyarakat. Masyarakat yang melihat kegiatan tersebut diharapkan turut menjadi agen sosialisasi safety riding di lingkungan masing-masing.
Ugal-ugalan di jalan hanya akan membahayakan diri sendiri dan orang lain,” imbuhnya.

AKP Christian melanjutkan, sosialisasi gerakan tertib berlalu lintas harus dimulai dari kesadaran diri sendiri. Selain sosialisasi tertib berlalu lintas, jajaran Satlantas Sukoharjo meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kantor Samsat dan layanan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). Sejak pekan lalu jam layanan di Kantor Samsat dan Satlantas diperpanjang. “Layanan di Kantor Samsat dan layanan SIM kami perpanjang hingga pukul 17.30 WIB setiap harinya. Kegiatan ini kami langsungkan hingga Rabu (25/9/2013) mendatang,” terang dia.

Kasatlantas menerangkan, sosialisasi safety riding dan peningkatan layanan di Kantor Samsat maupun di Kantor Satlantas untuk menyambut HUT Korps Lalu Lintas Korlantas RI. Acara puncak peringatan hari jadi Korlantas RI akan dilangsungkan Senin (23/9/2013) ini dengan upacara bersama yang dipimpin oleh Kapolres Sukoharjo.

Salah seorang anggota komunitas sepeda motor Sukoharjo yang menamakan diri Yamaha All Type Community Sukoharjo, Jalu Haryanto, menyambut baik sosialisasi safety riding oleh jajaran Satlantas. Namun dia berharap ada kesinambungan kegiatan yang melibatkan jajaran Satlantas dengan seluruh komunitas otomotif di Kota Makmur. Selain itu, perlu adanya wadah atau forum bersama antara jajaran Satlantas dengan komunitas otomotif. “Sesekali perlu dilakukan tes skill dan kesadaran berlalu lintas di antara anggota komunitas,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya