SOLOPOS.COM - Ilustrasi Penari (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Penari (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Penari (Dok/JIBI/Solopos)

Solopos.com, KLATEN—Sebanyak 52.000 penari akan membawakan tari Gambyong kolosal untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-209 Kabupaten Klaten pada 27 Oktober mendatang.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Sekretaris Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Klaten, Endro Susilo, mengatakan pementasan tari Gambyong kolosal itu akan digelar 26 kecamatan di Klaten di 20 tempat berbeda.

Sebanyak 7 kecamatan akan mengirimkan 14.000 penari yang dipusatkan di Jl Pemuda Klaten. Ketujuh kecamatan itu meliputi Klaten Tengah, Klaten Selatan, Klaten Utara, Ngawen, Kalikotes, Wedi dan Kebonarum.  Sementara 19 kecamatan sisanya akan menggelar tari serupa di wilayah setempat.

“Dari 19 kecamatan itu, semua kami minta mengirimkan peserta masing-masing 2.000 penari sehingga jumlahnya mencapai 38.000. Jika ditambah dengan tujuh kecamatan yang berjumlah 14.000 penari, maka jumlahnya menjadi 52.000 penari,” ujar Endro Susilo saat ditemui Solopos.com di Klaten, Jumat (2/8/2013).

Endro menjelaskan 52.000 penari tersebut berasal dari kalangan siswa SD, MI, SMP, MTs, SMA, SMK, negeri, swasta yang tersebar di 26 kecamatan di Klaten. Menurutnya, jumlah penari tersebut lebih banyak dibandingkan peringatan HUT Klaten tahun lalu yang mencapai 15.000 peserta.

“Dulu pementasan tari kolosal oleh 15.000 penari itu hanya difokuskan di satu tempat yakni sepanjang Jl Pemuda. Sekarang ada di 20 tempat, pesertanya juga lebih banyak sehingga bakalan lebih spektakuler,” papar Endro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya