SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi memberikan salam kepada Paskibraka 2016 yang baru dikukuhkannya, di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/8/2016) siang. (Setkab.go.id)

HUT kemerdekaan RI Presiden Jokowi mengukuhkan 67 paskibra yang akan bertugas di Istana.

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (15/8/2016) siang, di Istana Negara, Jakarta, mengukuhkan 67 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang berasal dari 34 provinsi se-Indonesia, dan akan bertugas dalam Peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 tahun 2016 ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Dengan memohon ridho Tuhan yang Maha Kuasa, pada hari ini, saya mengukuhkan Saudara-Saudara sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka, pada tanggal 17 Agustus 2016. Sebagai tanda dikukuhkannya Pasukan Pengibar Bendera Pusaka di seluruh Tanah Air Indonesia,” kata Presiden Jokowi, yang bertindak sebagai pembina upacara seraya berharap agar Paskibraka dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Sebelumnya seperti diberitakan Setkab.go.id, Paskibraka yang dikukuhkan mengucapkan ikrar di depan bendera Merah Putih, yang disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi. Paskibraka asal Sulawesi Barat, Ade Yuliana Iswan berkesempatan menjadi perwakilan yang memegang Bendera Merah Putih pada saat pembacaan ikrar.

Dengan mengucap ikrar, Paskibraka menyatakan menjadi Putra Indonesia yang Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa; Bertumpah Darah Satu Tanah Air Indonesia; Berbangsa Satu Bangsa Indonesia; Bernegara Satu Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945; Berideologi Satu, Ideologi Pancasila; dan Bertekad Melaksanakan Semangat Bhinneka Tunggal Ika.

“Kami Putra Indonesia adalah generasi penerus perjuangan bangsa bertekad melaksanakan semangat Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan Berbangsa dan Bernegara,” ucap ke-67 Paskibraka secara serentak.

Selain itu, Paskibraka juga menyatakan akan memegang teguh ikrar dan menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pengukuhan Paskibraka mempunyai makna bahwa Paskibraka memiliki jiwa kesatria, satu perkataan dan perbuatan, bertanggung jawab, serta rela berkorban untuk Ibu Pertiwi, Tanah Air Indonesia.

Lega
Ditemui pasca-pengukuhan, Ade Yuliana Iswan yang bertugas sebagai pemimpin di upacara pengukuhan mengungkapkan rasa leganya dan mengucap syukur karena acara berjalan lancar.

“Rasanya campur aduk antara terharu, sedih, senang, dan bangga bisa menjadi perwakilan dari teman-teman untuk memimpin di Upacara Pengukuhan ini dan berhadapan langsung dengan orang nomor satu di negeri ini,” kata Ade Yuliana Iswan.

Acara pengukuhan dilanjutkan dengan pemasangan lencana dan kendit, serta pemberian ucapan selamat oleh Presiden Jokowi dan tamu undangan kepada Paskibraka 2016.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya