SOLOPOS.COM - Petugas Lapas Wonosari sedang melakukan lomba terompah di halaman lapas pada Senin (15/8/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

HUT KemerdekaanRI dirayakan napi Rutan Wonosari dengan menggelar lomba lari terompah

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 tidak hanya dirayakan oleh masyarakat umum, namun warga binaan di Rumah tahanan Kelas II B Wonosari juga ikut merayakan. Caranya seluruh penghuni diajak untuk menyanyikan lagu kemerdekaan dan lomba lari terompah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kegiatan ini dilakukan secara serempak di seluruh lapas di Indonesia. Harapannya dari kegiatan itu bisa memecahkan rekor Muri.

Kepala Lapas Kelas II B Wonosari, Edy Junaedi mengatakan peringatan kemerdekaan tidak hanya dirasakan oleh masyarakat umum. Namun warga binaan di lapas juga merasakan karena ikut dilibatkan dalam peryaan tersebut.

Perayaan di lapas diselenggarakan dalam dua kegiatan. Pertama seluruh warga binaan diminta untuk menyanyikan lagu bernuansa kemerdekaan, sedang yang kedua dilakukan dengan cara menggelar lomba lari terompah.

“Ini instruksi dari pusat sehingga kami menyelenggarakan acara itu. harapannya dengan perayaan ini bisa memecehkan rekor muri karena pesertanya melibatkan warga binaan di seluruh lapas di Indonesia,” kata Edy kepada wartawan, Senin (15/8/2016).

Dia menjelaskan, kegiatan ini selain untuk memeringati hari kemerdekaan, juga bermanfaat menjalin hubungan kekerabatan antara penghuni dengan para petugas.

Dari kegiatan ini makan kedua kelompok di lapas bisa saling berinteraksi dan terjalin hubungan yang baik. “Kalau seperti ini hubungan jadi semakin dekat dan terjalin kekeluargaan yang baik,” ujarnya.

Salah seorang warga binaan di Lapas Kelas II B Wonosari, Santosa mengaku senang dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak lapas. Pasalnya selain ikut berpartisipasi dalam pemecahan rekor Muri, kegiatan itu juga sebagai sarana mendekatkan diri antar penghuni lapas atau pun dengan para petugas.

“Sangat menyenangkan, apalagi kegiatan itu juga baru pertama kali diselenggarakan,” kata Santoso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya