SOLOPOS.COM - Pantai Baron (JIBI/Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

HUT Kemerdekaan RI penyelenggaraan upacara di tengah laut Pantai Baron.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — SAR Satlinmas Istimewa Wilayah II Gunungkidul kembali menggelar upacara bendera di tengah laut di Pantai Baron pada tahun ini. Upacara tahun ini merupakan kali keempat diadakan di perairan Pantai Baron,  sekitar 200 meter di tengah laut.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

“RI adalah tanah air kita. Sudah banyak yang menggelar upacara di darat, maka kami melakukan di air. Lagipula, pahlawan yang gugur di laut juga banyak. Indonesia tidak hanya daratannya, tetapi juga perairannya,” ujar Koordinator SAR Satlinmas Istimewa Wilayah II Gunungkidul Marjono di Pantai Baron, seperti dikutip dari rilis yang Harianjogja.com terima Minggu (14/8/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Upacara di tengah laut ini mampu menarik perhatian dan antusiasme masyarakat. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang terus bertambah dari tahun ke tahun. Pada 2013, sebanyak 100 peserta mengikuti kegiatan ini karena masih internal. Pada 2014 meningkat menjadi 200 peserta karena mulai melibatkan unsur luar SAR dan pada 2015 meningkat lagi menjadi 400 peserta.

“Pada 2016 ini kami berharap ada 500 peserta yang akan mengikuti kegiatan ini,” ungkap dia.

Adapun unsur yang terlibat dalam upacara ini adalah SAR, nelayan, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Relawan se-DIY, warga
BASARNAS, Polair, Dinas Pariwisata, Dinas Kelautan, PEMDA, BPBD DIY, dan BPBD Gunungkidul.

Dengan semangat HUT RI ke-71 tahun, masyarakat pesisir siap mendukung kunjungan wisata yang aman dan nyaman. Untuk informasi lebih lengkap mengenai pelaksanaan upacara silakan kontak ke Koordinator SAR Satlinmas Istimewa Wilayah II Gunungkidul Marjono (085326986706) atau ke Wakil Koordinator SAR Satlinmas Istimewa Wilayah II Gunungkidul Sukamto (087843115907).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya