SOLOPOS.COM - Peserta Perlombaan Makan tengah menyantap ketan merah putih 17 meter dalam acara peringatan HUT kemerdekaan RI ke-72, Madam Tan Ristorente,Graden Aston Yogyakarta, Rabu (16/8/2017) (Abi Mufti/JIBI/Harian Jogja)

HUT Kemerdekaan RI dirayakan Grand Aston Yogyakarta dengan menggelar acara khusus.

Harianjogja.com, JOGJA — Berbagai kegiatan digelar masyarakat untuk menyambut HUT ke-72 Republik Indonesia. Salah satunya yang dilakukan oleh Madam Tan Ristorante. Mempersembahkan sajian special “Ketan Merah Putih 17 Meter” di Grand Aston Yogyakakarta, Rabu (16/8/2017).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketan merah  berukuran panjang 17 meter, lebar 17 cm dengan tinggi 4,5 cm yang menjadi simbolik tanggal dalam menyambut hari Kemerdekaaan RI ke-72, hal ini disampaikan oleh Timothius Suhandi, Maketing Madam Tan Ristorante, Kata ia, bahwa Ketan sendiri dipilih karena merupakan makanan tradisional khas Indonesia. Pemilihan ketan dilakukan sebagai upaya turut melestarikan makanan tradisional.

Ekspedisi Mudik 2024

“Ketan merah putih ini, kami membuat  panjang 17 meter karena memang sebagai simbolik tanggal hari Kemerdekaan RI 17 Agustus, dengan tinggi 4,5 cm begitu juga pas padatahun 1945. Dan juga warna merah putih adalah warna yang dipergunakan dari Bendera RI,” ujar Timothius, Rabu (16/8/2017).

Ia menambahkan untuk ketan merah putih tersebut dibuat dengan ketan 10-15 kg. Yang membedakan adalah srundeng yang dicampur dengan ikat teri, kelapa yang di sangrai, udang rebung, “Proses memasaknya adalah 4 jam.Dengan memakai 4 orang pekerja,” tambahnya.

Acara tersebut, dilaksanakan juga perlombaan makan ketan yang dilakukan dengan hadiah Voucher Room Pop Hotel Timoho, Voucher Sadis dan Voucher dari Madam Tan. Puluhan peserta perlombaan dihadiri mulai dari pengunjung peserta, media dan food blogger dengan suasana meriah acaranya.

Adapun dalam perlombaan makan ketan tersebut, hasil dapat 3 pemenang, diantaranya Alya memegang juara satu, Ahmad Nur Huda dari media radio memegang juara dua, dan juara tiga adalah Ruri dari media Radio.

Selain disuguhkan kepada pengunjung dan dilaksanakan perlombaan, ketan merah putih ini juga dimanfaatkan dibagi-bagikan kepada warga masyarakat sekitar, seperti tukang becak, tukang parkir dan sebagainya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya