HUT Kemerdekaan RI Dirayakan Sederhana, Pemkot Madiun Fokus di Kegiatan Sosial
Wali Kota Madiun, Maidi, memimpin upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman Balai Kota Madiun, Senin (17/8/2020). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN -- Perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini memang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Perayaan HUT kemerdekaan di Kota Madiun tahun ini berlangsung secara sederhana namun penuh makna.

Pemerintah Kota Madiun memperingati HUT ke-75 RI pada Senin (17/8/2020) dimulai dengan menggelar upacara bendera di halaman balai kota. Karena kondisi masih pandemi Covid-19, upacara kemerdekaan hanya diikuti pejabat di lingkungan Pemkot bersama kepala organisasi perangkat daerah (OPD), camat, lurah, dan perwakilan OPD.

Meski dilakukan secara terbatas, prosesi upacara berlangsung dengan khidmat tanpa mengurangi makna peringatan kemerdekaan.

Anak Terpapar Covid-19 Tulari Ibunya yang Ada di Madiun

Seusai upacara, Pemkot melakukan program Gebrak Masker di Jl. Pahlawan. Seluruh peserta upacara turun ke jalan untuk membagikan 1.000 masker kepada masyarakat.

Kegiatan bagi-bagi masker ini diikuti oleh sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot Madiun. Antara lain Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri, Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya Bagus Miko Saputra, dan TP PKK Kota Madiun Yuni Setyawati.

Setelah bagi-bagi masker itu, puncak HUT ke-75 Kemerdekaan RI diperingati secara sederhana. Para pejabat di pemkot mengikuti kegiatan detik-detik proklamasi secara virtual.

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tahun ini diperingati secara sederhana. Hal ini karena kondisi negara masih dalam keadaan pandemi Covid-19. Sehingga kegiatan yang bersifat kerumunan ditiadakan.

Peringati Detik Proklamasi, Warga Berhenti Sejenak di Jl. Pahlawan Madiun

Sebagai gantinya, kegiatan-kegiatan untuk memperingati kemerdekaan pun lebih banyak bersifat sosial. Warga yang berdampak Covid-19 diberi bantuan.

Semangat Melawan Covid-19

Kegiatan bagi-bagi masker di Jl. Pahlawan, menurut Wali Kota, akan berlanjut di tempat lain. Kegiatan ini sebagai upaya mendukung program dari Presiden Joko Widodo dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya memakai masker.

“Kita tidak hanya menekan persebaran virus, tetapi juga memperbaiki perekonomian masyarakat. Salah satunya dengan membangkitkan ekonomi di tingkat kelurahan seperti membuka jalur wisata di masing-masing kelurahan,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Madiun Kota, AKBP R Bobby Aria Prakasa, meminta masyarakat supaya lebih meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan. Diharapkan peringatan HUT kemerdekaan ini juga diikuti dengan semangat melawan Covid-19.

Wali Kota Madiun Resmikan Warung Kejujuran di Kanigoro

“Mari kita jadikan semangat kemerdekaan ini untuk melawan Covid-19 bersama-sama,” kata dia.

Komandan Kodim 0803/Madiun Letkol (Czi) Nur Alam Sucipto menyampaikan ada banyak harapan dalam peringatan HUT RI tahun ini. Salah satu harapan terbesar yakni pandemi Covid-19 segera meninggalkan negeri tercinta. (ADV)



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom