SOLOPOS.COM - Keceriaan beberapa tukang becak usai mendapat jamuan makan siang dan sembako dalam peringatan HUT ke 77 TNI oleh Kodim 0726/Sukoharjo di Makodim 0726/Sukoharjo, Selasa (04/10/22). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO — Dalam rangka memperingati HUT ke-77 TNI, Kodim 0726/Sukoharjo mengundang tukang becak, pemulung, penyapu jalanan, dan petugas kebersihan makan bersama.

Tak hanya itu Kodim 0726/Sukoharjo juga memberikan paket sembako kepada mereka di Makodim 0726/Sukoharjo, Selasa (04/10/22).

Promosi Acara Gathering Perkuat Kolaborasi Bank Sampah Binaan Pegadaian di Kota Padang

Dandim 0726/Sukoharjo Letkol Czi Slamet Riyadi menyampaikan kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya merangkul masyarakat dan memperkenalkan TNI di tengah-tengah masyarakat.

Gelaran makan bersama itu diharapkan dapat menumbuhkan rasa kebersamaan dan keakraban.

“Di hari ulang tahun TNI yang ke 77 ini, kami ingin berbagi kebahagian dengan saudara-saudara kami, tukang becak dan pekerja jalanan. Kami ajak makan bersama, ada hiburan musik dan kami berikan paket sembako kepada masing-masing orang,” jelas Dandim.

Baca juga: Merawat BCB, Ratusan Anggota TNI AU Bersihkan Kawasan Mangkunegaran

Dandim menjelaskan, dalam kegiatan itu juga telah dilakukan upacara kenaikan pangkat oleh beberapa anggota Kodim 0726/Sukoharjo, ada pula beberapa anggota yang berpindah satuan.

Gelaran makan bersama itu sekaligus sebagai wujud syukur para anggota yang telah naik pangkat.

Dandim mengatakan kegiatan merangkul masyarakat itu sebagai perwujudan ulang tahun ke 77 TNI yang bertemakan TNI adalah kita. Karena menurutnya TNI juga berasal dari masyarakat.

Dandim menjelaskan pembagian sembako tersebut sejumlah 56 paket yang dibagikan di Makodim.  Sementara beberapa paket lainnya juga akan dibagikan di jalan sekitar Makodim.

Dalam kegiatan itu, nampak suasana akrab dan santai tercipta, saat Dandim, pejabat Kodim, Danramil dan Babinsa, termasuk sejumlah anggota Persit bersama para undangan membaur menjadi satu.

Baca juga: HUT TNI, Nava Hotel Berbagi Dengan Veteran dan Janda Veteran

“Kalau acara makan makan mengundang tamu pejabat sudah sering tapi HUT TNI kali ini Kodim Sukoharjo ingin menciptakan suasana santai dan spontan, ngobrol bersama bersama warga. Agar masyarakat juga mengenal TNI seperti apa,” imbuh Dandim.

Salah seorang tukang becak yang turut menjadi undangan dalam kegiatan itu, Sumardi Mardiangga, 52, mengungkapkan rasa senangnya telah diundang oleh Dandim Sukoharjo dalam kegiatan itu.

Bapak anak tiga yang biasanya menarik becak di sekitar  Pasar Ir. Soekarno itu mengucapkan rasa terima kasihnya usai menerima paket sembako yang diwadahi kardus itu.

“Kami ucapkan terima kasih Pak Dandim karena telah mengundang kami bapak-bapak tukang becak untuk makan bersama serta bantuan sosialnya kepada kami,” terang Sumardi.

Baca juga: HUT Ke-76 TNI, Dandim Wonogiri Komitmen Jaga Sinergi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya