HUT Ke-77 Indonesia, Wali Kota Madiun Ajak Teladani Semangat Pahlawan

Ratusan orang secara khidmat mengikuti upacara bendera HUT ke-77 Republik Indonesia di Kota Madiun.

 Upacara bendera dalam peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia yang digelar di Alun-alun Kota Madiun, Rabu (17/8/2022). (Istimewa/Pemkot Madiun)

SOLOPOS.COM - Upacara bendera dalam peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia yang digelar di Alun-alun Kota Madiun, Rabu (17/8/2022). (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN — Upacara bendera dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia di Alun-alun Kota Madiun, Jawa Timur, berlangsung secara khidmat, Rabu (17/8/2022). Ratusan orang pun mengikuti upacara bendera tersebut.

Selain upacara, masyarakat yang ada di kawasan alun-alun juga dihibur dengan penampilan marching band dari Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun. Selain itu juga ada penampilan paduan suara dari pelajar Madiun. Penampilan itu pun menyedot perhatian masyarakat.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan peringatan 17 Agustus ini harus dijadikan momentum untuk menyempurnakan kehidupan. Kemerdekaan yang didapat harus dijadikan sebagai modal untuk memajukan bangsa.

“Pejuang dulu sarananya terbatas. Hari ini semua sarana terpenuhi. Kita bisa mengakses seluruh dunia tanpa ada kesulitan. Maka kemerdekaan untuk menyempurnakan kehidupan kita. Generasi muda ke depan harus lebih sukses karena sudah dimodali,” kata dia.

Baca Juga: Istrinya Tak Sengaja Disentuh Jurnalis, Perwira Polisi di Madiun Berang

Dia meminta generasi penerus bangsa harus mampu mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif dan berguna bagi nusa, bangsa, dan diri mereka sendiri.

“Di usia ke 77 tahun ini, tentunya kemerdekaan harus diisi dengan hal yang positif dan kemerdekaan harus diisi untuk kesempurnaan hidup semua,” jelas dia.

Pada peringatan kemerdekaan tahun ini, harap Maidi, bangsa Indonesia mampu menjadi bangsa yang unggul dan bisa bangkit dari pandemi Covid-19. Hal ini sesuai dengan tema HUT ke-77 RI yakni Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

upacara hut ri di madiun
Upacara bendera dalam peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia yang digelar di Alun-alun Kota Madiun, Rabu (17/8/2022). (Istimewa/Pemkot Madiun)

“Dengan semangat itu kesempuranaan akan kita dapatkan. Contohnya kalau ekonomi bagus maka semua kehidupan tidak ada kesulitan, angka kemiskinan turun, stunting turun, SDM meningkat. Itu harapan kita semua,” jelas dia.

Detik-Detik Proklamasi

Setelah menggelar upacara peringatan Kemerdekaan RI, Wali Kota Madiun bersama Forkopimda Kota Madiun beserta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) juga mengikuti Upacara Detik-detik Proklamasi yang berlangsung di Istana Merdeka secara virtual.

Bagi Maidi, Upacara Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka ini menambah semangat dalam peringatan hari kemerdekaan. Masyarakat yang menyaksikan jalannya upacara tersebut pastinya turut terbawa suasana.

Baca Juga: HUT Ke-77 RI, Eks Napi Teroris di Ponorogo Terima Bendera Merah Putih

Maidi menyampaikan para pejuang memiliki semangat luar biasa dalam memperjuangkan kemerdekaan. Biar pun dengan peralatan tempur seadanya, semangat para pejuang tidak pernah berkurang.

Untuk itu, wali kota mengajak masyarakat untuk lebih bersemangat dalam mengisi kemerdekaan. Sebab, generasi sekarang sudah didukung dengan saran, prasarana, dan teknologi yang lebih lengkap dan maju. (ADV)

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kantor Dinkes Malang Jadi Posko & Call Center Korban Tragedi Kanjuruhan

      Pemkab Malang menyiapkan kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) sebagai Posko dan call center terkait tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

      Pemkab Malang Kerahkan 50 Ambulans Evakuasi Korban Tragedi Kerusuhan Kanjuruhan

      Pemkab Malang mengerahkan 50 unit ambulans untuk mengevakuasi seluruh korban tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada Sabtu (1/10/2022).

      Pemprov Jatim Tanggung Seluruh Biaya Perawatan Korban Tragedi Kanjuruhan

      Pemprov Jawa Timur kini tengah fokus terhadap penanganan para korban yang mengalami luka-luka dalam tragedi Kanjuruhan.

      Sensasi Berburu Sunrise di Gunung Bromo Probolinggo, Rela Berangkat Dini Hari

      Cerita perjalanan berburu matahari terbit di destinasi wisata Gunung Bromo Jawa Timur, Sabtu (1/10/2022) dini hari.

      Pohon Tumbang di Jalan Raya Malang-Kediri, 1 Orang Meninggal Dunia

      Pohon tumbang di Jalan Raya Malang-Kediri, Kabupaten Malang, Jatim, menyebabkan satu orang meninggal dunia.

      Bee Jay Bakau Resort, Spot Wisata Instagrammable di Probolinggo

      Bee Jay Bakau Resort (BJBR) merupakan wisata Instagrammable di daerah Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo atau dekat dengan Pelabuhan Mayangan.

      Pandemi Reda, Kunjungan ke Gili Ketapang Naik dari 200/Bulan Jadi 600/Hari

      Kunjungan Gili Ketapang Probolinggo Jawa Timur naik drastis hingga 600 orang per hari setelah pandemi mereda.

      Hari Kesaktian Pancasila, Foto Pahlawan Revolusi Hiasi Taman Surya Surabaya

      Pameran foto Pahlawan Revolusi digelar di Taman Surya, kompleks area Balai Kota Surabaya, saat peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

      Cuaca Madiun Sabtu Diperkirakan Hujan Disertai Petir dari Siang-Malam Hari

      Simak prakiraan cuaca di Kota Madiun pada Sabtu 1 Oktober 2022.

      Jawa Timur Masuk Musim Penghujan, Awas Bencana Hidrometeorologi

      Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Sidoarjo mengingatkan kepada masyarakat Jawa Timur terkait bencana hidrometeorologi yang mungkin akan terjadi.

      Sensasi Snorkeling di Gili Ketapang Selat Madura Probolinggo

      Sensasi snorkeling rombongan press tour Pemkab Boyolali di air bening Gili Ketapang, Selat Madura, Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (30/9/2022).

      Masuk Lelang, Pembangunan Rusunawa di Bong Cino Madiun Dimulai Tahun Depan

      Pembangunan rusunawa III yang berlokasi di bekas lahan makam warga Tionghoa di Kota Madiun bakal dimulai tahun depan.

      Indonesia Ekspor Aluminium Rp18 Miliar ke 6 Negara saat Krisis Ekonomi Global

      Indonesia melalui PT Maspion Group mengekspor produk aluminium senilai Rp18 miliar ke enam negara.

      Oknum Petugas Dishub Lakukan Pungli di Kawasan Wisata Sunan Ampel Surabaya

      Seorang petugas Dinas Perhubungan Kota Surabaya diduga melakukan aksi pungutan liar di kawasan wisata religi Sunan Ampel.

      BMKG: Cuaca di Madiun Hari Ini Diprediksi Berawan Seharian

      Simak prakirana cuaca di Kota Madiun pada Jumat 30 September 2022.