SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi (kiri) menyerahkan bendera kepada anggota Paskibraka, Senin (17/8/2015). (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

HUT ke-70 RI di Istana Negara diwarnai sorotan kamera terhadap Jusuf Kalla.

Solopos.com, JAKARTA — Peristiwa Jusuf Kalla yang tak melakukan hormat ala militer dengan menempelkan tangan di samping dahi menjadi pembicaraan publik dunia maya sejak Senin (17/8/2015) siang tadi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Juru Bicara Wakil Presiden, Husain Abdullah, mengklarifikasi sikap sempurna yang dilakukan Jusuf Kalla merupakan sikap hormat. Menurut dia, sikap hormat tak melulu harus mengangkat tangan rata dengan dahi seperti yang dilakukan setiap inspektur upacara.

“Jadi sikap sempurna yang dilakukan oleh Pak JK adalah sikap hormat. Persis dengan sikap hormat Bung Hatta saat mendampingi Bung Karno,” kata Husain, Senin(17/8/2015).

Dia menambahkan, Jusuf Kalla juga melakukan penghormatan dengan mengangkat tangan setara dahi ketika menjadi inspektur upacara dalam beberapa kesempatan. “Ada juga upacara beliau hormat tangan ketika jadi Irup [inspektur upacara] Hari Pahlawan 10 Nopember 2014,”sebutnya.

Dia juga menyampaikan jangan pernah ragukan nasionalisme Wapres. Menurut dia, Kalla tak hanya bicara tapi berbuat bersama komponen bangsa lainnya mengawal Indonesia.

Sosok pria asal Sulawesi Selatan itu tertangkap kamera bersikap sempurna tanpa memberi hormat ala militer. Oleh sejumlah netizen, Jusuf Kalla dianggap tak memberikan hormat saat pengibaran Sang Saka Merah Putih dalam upacara peringatan HUT ke-70 RI di Istana Negara, Jakarta.

Wapres JK pun kemudian jadi trending topic di jejaring sosial Twitter, bahkan dalam sejumlah kicauan menjurus ke arah ledekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya