SOLOPOS.COM - Ilustrasi pawai pembangunan Kemerdekaan RI (JIBI/Solopos/Dok)

HUT Ke-70 RI di Solo dimeriahkan oleh Pawai Pembagunan.

Solopos.com, SOLO — Setelah lima tahun ditiadakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo kembali menggelar pawai pembangunan pada Selasa (18/8/2015) besok. Pawai pembangunan dengan tema Ayo Kerja digelar dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Solo, Eny Tyasni Suzana ketika dijumpai Solopos.com seusai upacara Peringatan HUT Kemerdekaan di Stadion Sriwedari, Senin (17/8/2015), mengatakan pawai pembangunan akan diikuti seluruh instansi pemerintahan, badan usaha milik daerah (BUMD), sekolah, kelompok kesenian dan budaya serta lain sebagainya.

Ekspedisi Mudik 2024

Jumlah peserta kirab mencapai  700 orang. Mereka akan menampilkan berbagai unggulan wilayahnya masing-masing. Tak hanya itu sedikitnya 40 mobil hias juga akan meramaikan pawai pembangunan tersebut.

“Pawai pembangunan ini sudah lima tahun tidak ada. Selama ini hanya kirab budaya, tapi tahun ini kita aktifkan kembali,” kata Eny.

Eny mengatakan pawai pembangunan akan dimulai pukul 14.00 WIB.  Kegiatan dibuka dengan aksi terjun payung dari Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan Kartasura, Sukoharjo. Baru selanjutnya, dilaksanakan pawai pembangunan yang dibuka langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Solo Budi Suharto. Dengan rute pawai pembangunan dimulai Stadion Sriwedari hingga Tugu Pemandengan depan Balai Kota Solo. “Panggung kehormatan akan ada di Plasa Sriwedari,” kata Eny.

Lebih lanjut Eny mengatakan pawai pembangunan ke depan akan menjadi agenda rutin tahunan Pemkot Solo. Kegiatan tersebut bertujuan menumbuhkembangkan jalinan kerja sama antara warga dengan Pemkot dalam arti yang luas.

Bentuk dan sifat kegiatan, menurut dia, adalah karnaval atau konvoi iring-iringan baik kendaraan bermotor atau tidak bermotor yang dihias dengan mengekspresikan potret keberhasilan pembangunan dan visi serta misi Pemkot Solo.

Eny mengatakan telah berkoordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait seperti Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo), Dinas Kesehatan Kota (DKK), Satpol PP, Kepolisian dan lain sebagainya.

“Tema kali ini Ayo Kerja. Kami mengajak semua elemen masyarakat bekerja mewujudkan Solo lebih baik dan maju,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya