SOLOPOS.COM - Mobil tenaga surya Widya Wahana V. (Okezone.com)

HUT ke-70 RI digunakan ITS untuk menguji mobil tenaga surya menempuh Jawa-Bali.

Solopos.com, SURABAYA – Memeriahkan HUT ke-70 RI, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) meluncurkan mobil tenaga surya. Mobil ramah lingkungan itu juga diuji untuk menempuh jalur Jawa-Bali sejauh 1.200 km.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mobil tenaga surya racikan mahasiswa ITS itu diberi nama Widya Wahana V. Uji coba 1.200 km yang dilakukan bertepatan dengan HUT ke-70 RI itu dilaksanakan sebagai pemantapan sebelum mobil listrik itu dipamerkan di Australia Oktober 2015 mendatang.

“Tour de Jawa Bali 1.200 km ini menjadi uji coba sebelum mobil tenaga surya ini ikut World Solar Challenge di Australia pada bulan Oktober. Di sana kami akan melintasi Australia mulai dari Darwin hingga Adelaide,” ungkap Nur Yuniarto, dosen pembimbing tim mobil tenaga surya seperti dilansir laman Antara, Senin (17/8/2015).

Ia menjelaskan, Widya Wahana V ditenagai motor listrik bertenaga 12 x 2 Kw dan baterai Lithium Ion 97,2 Volt. Dengan baterai terisi penuh, mobil yang dapat memuat dua orang itu mampu melaju sejauh 700 km dengan kecepatan maksimal 150 km/jam.

“Mobil tenaga surya ini merupakan teknologi masa depan yang makin banyak dikembangkan di dunia. Sejauh ini, pengembangan mobil listrik di Indonesia hanya terkendala pada kualitas baterai,” tutur Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir.

Selain meluncurkan mobil tenaga surya, ITS juga meramaikan HUT ke-70 RI dengan memperkenalkan mobil Formula bernama Sapu Angin Speed III kepada Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

“Saya yakin suatu saat akan ada titik temu antara industri dan hasil penelitian,” ujar Risma sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Metrotvnews.

Nantinya, mobil balap bermesin 450 cc dan berbodi carbon fiber itu akan berlaga di Student Formula Japan (SFJ) di Jepang September 2015 mendatang.

Mobil Formula Sapu Angin Speed III. (Metrotvnews.com)

Mobil Formula Sapu Angin Speed III. (Metrotvnews.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya