Suasana Umbul Ponggok pada akhir pekan, Sabtu (16/8/2014). (JIBI/Solopos/Chrisna Chanis Chara)

Solopos.com, KLATENPerayaan Hari Jadi ke-69 Republik Indonesia, Minggu (17/8/2014), bakal terasa spesial di Umbul Ponggok, Polanharjo, Klaten.

Umbul yang terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Klaten, ini akan menggelar upacara kemerdekaan di bawah air pertama kalinya.

Kegiatan tersebut bakal diikuti belasan anggota SAR Klaten dan pemuda setempat.

Kepala Desa (Kades) Ponggok, Junaedi Mulyono, saat ditemui Solopos.com, di kediamannya, Sabtu (16/8/2014), mengatakan Umbul Ponggok siap memeriahkan HUT ke-69 RI dengan suasana lain. Pihaknya siap menggelar upacara bendera dengan cara menyelam (snorkling) dalam umbul.

“Ada sekitar 15 peserta dari SAR Klaten dan pemuda yang akan berpartisipasi. Upacara dimulai pukul 12.00 WIB,” ujarnya.

Kades mengatakan upacara bawah air bakal digelar layaknya upacara kemerdekaan pada umumnya. Sejumlah kelengkapan prosesi seperti inspektur upacara dan pengibar bendera siap menjalankan tugasnya.

Untuk kostum, peserta upacara bakal mengenakan pakaian safety (khusus menyelam) untuk mendukung kegiatan. Menurut Junedi, Ponggok membawa misi tersendiri selain memeriahkan hari jadi kemerdekaan.

“Dalam upacara, kami akan mendemonstrasikan pentingnya kesehatan, kebersihan, keamanan hingga keselamatan kerja bagi warga,” kata dia.

Junaedi menyebut persiapan aksi sensasional itu sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu. Saat ini, pihaknya tinggal menyiapkan tabung oksigen sebagai piranti utama menyelam.

Kades mengatakan prosesi upacara tak akan mengganggu aktivitas wisata secara umum. “Umbul tetap dibuka seperti biasa. Bahkan, pengunjung bisa melihat langsung aksi upacara bawah air,” imbuhnya.

Sementara itu, seorang pengurus Umbul Ponggok, Endang Sri Utami, mengatakan upacara bawah air dapat menjadi media promosi efektif bagi Umbul Ponggok.

Sebagai informasi, objek wisata air tawar tersebut mulai digandrungi turis setengah tahun terakhir. “Tak hanya warga lokal, sekarang banyak turis luar wilayah yang berwisata ke sini. Harapannya kegiatan itu (upacara) bakal semakin mengenalkan Ponggok ke khalayak luas,” ucapnya.

Umbul yang memiliki kedalaman 1 hingga 4 meter ini memiliki banyak keistimewaan. Di dasar umbul, banyak ikan air tawar warna-warni yang menemani pengunjung saat menyelam. Uniknya, air tak berubah amis lantaran adanya sumber mata air di dasar kolam. Air yang bening dan segar juga menjadi kelebihan pemandian tersebut.

 

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten