Kendaraan melintas di Jl. Ahmad Yani, ruas Kretek Bang, yang sedang ada proyek pelebaran jalan, Giritirto, Wonogiri, Selasa (20/8/2019). (Solopos/Cahyadi Kurniawan)

Solopos.com, WONOGIRI -- Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-69 Jawa Tengah dipusatkan di Wonogiri pada 23-25 Agustus mendatang. Dinas Perhubungan (Dishub) Wonogiri sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sejumlah ruas jalan.

Salah satunya pemberlakuan dua arah di Jl. Ahmad Yani, tepatnya di Kretek Bang yang sedang ada proyek pelebaran jalan. Selama konstruksi pelebaran jalan berlangsung, ruas jalan Kretek Bang dibikin satu arah yakni dari arah perempatan Ponten ke Solo.

Namun, pada 23-25 Agustus, pengerjaan proyek itu dihentikan sementara. Kemudian, jalur itu dikembalikan menjadi dua arah.

“Kemudian, ada pula rencana penggantian lantai jembatan Jurang Gempal yang semula dimulai pada 19 Agustus, ditunda menjadi 26 Agustus. Hal itu sekaligus mendukung kelancaran lalu lintas selama perayaan HUT Jateng,” kata Kabid Lalu Lintas Dishub Wonogiri, Sulardi, mewakili Kepala Dishub Wonogiri, Ismiyanto, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (20/8/2019).

Tak hanya itu, pada acara Dekranasda Carnival, Sabtu (24/8/2019) arus lalu lintas di sekitar alun-alun Giri Krida Bakti diberlakukan sama seperti pada rekayasa lalin car free sunday (CFS). Dekranasda Carnival itu mengambil rute mulai dari pintu keluar Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri kemudian belok kiri.

Lalu, sampai di perempatan BRI, belok kanan. Kemudian sampai di pertigaan depan kantor Bappeda dan Litbang belok kanan lagi. Ada panggung kehormatan di kawasan Patung Sukarno.

Pawai berakhir di pendapa melalui pintu masuk pendapa. “Karnaval itu menurut rencana akan berlangsung pukul 14.00 WIB-17.00 WIB. Jadi, akan ada pengalihan arus lalin dimulai pukul 12.00 WIB,” terang dia.

Pada Minggu (25/8/2019) juga dilakukan pengalihan arus lalin untuk kegiatan Parade Seni. Parade Seni akan start di lapangan Sukorejo dan finish di Alun-alun Giri Krida Bakti.

Acara dimulai pukul 13.00 WIB. Pengalihan arus lalin dari selatan atau dari arah Waduk Gajah Mungkur (WGM) akan dibelokkan ke kiri di perempatan Minolta. Lalu lurus hingga ke SMPN 3 Wonogiri dan kantor PLN di Gudang Seng.

Dari kantor PLN Wonogiri, arus diarahkan ke kiri hingga tembus di utara Bank Jateng, Ponten. “Lalin di Jl. Ir. Sukarno tetap akan dibuka untuk memperlancar arus lalin dari timur [dari arah jembatan Jurang Gempal]. Hanya nanti sebelah badan jalan dipakai untuk parkir,” imbuh Sulardi.

Pada rangkaian perayaan HUT ke-69 Jateng itu, lanjut Sulardi, sejumlah kantong parkir disiapkan, yakni di Jl. Ir Sukarno, Selter Wonogiri, sebagian jalan di sekitar kantor Agraria, di jalan selatan kantor DPRD, sebagian Jl. Multipranoto, hingga area di belakang kompleks kantor Bupati Wonogiri. Kegiatan olahraga termasuk pameran produk unggulan daerah akan digelar di GOR Giri Mandala.

“Menurut hasil rapat terakhir, pada Jumat [23/8/2019] ada pembukaan Pasar Rakyat. Untuk itu, ASN khususnya di lingkungan Setda Wonogiri dimohon tidak menggunakan mobil saat ke kantor. Hal itu untuk memfasilitasi kantong parkir bagi tamu VIP dan VVIP dari 35 kabupaten/kota di Jateng. Nanti ada surat resmi untuk hal ini,” urai Sulardi.

Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten