SOLOPOS.COM - Baliho bergambar Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko memperingati HUT ke-66 Provinsi Jateng dan HUT ke-71 Republik Indonesia di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, Minggu (14/8/2016). (Insetyonoto/JIBI/Semarangpos.com)

HUT ke-66 Jateng ditandai dengan upacara bendera di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang.

Semarangpos.com, SEMARANG – Kawasan Simpang Lima Kota Semarang ditutup untuk pelaksanaan upacara bendera peringatan HUT ke-66 Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Upacara itu bakal dihadiri ribuan tamu undangan.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

“Kawasan Simpang Lima Senin [15/8/2016] ditutup mulai pukul 07.00 WIB sampai 09.00 WIB,” kata Kepala Biro Humas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng Sinoeng N. Rachmadi dihubungi Semarangpos.com, Minggu (14/8/2016).

Arus lalu lintas kendaraan, lanjut dia, akan dialihkan melalui sejumlah jalan alternatif yakni Jl. Sriwijaya, Jl. Veteran, kawasan Kampung Kali, Jl. Erlangga, Jl. Pandanaran II, dan sekitarnya. ”Kami mohon maaf kepada masyarakat pengguna kendaraan atas penutupan kawasan Simpang Lima karena untuk upacara bendera HUT ke-66 Pemprov Jateng,” ujarnya.

Menurut Sinoeng peserta upacara mencapai seribuan yang berasal dari semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Jateng dan perwakilan dari pemerintah kabupaten/kota, TNI, Polri, mahasiswa, pelajar SMA/SMK, dan pramuka.

Para pegawai negeri sipil (PNS) Pemprov Jateng dan perwakilan kabupaten/kota yang mengikuti upacara diharuskan memakai pakaian adat Jawa. Untuk PNS pria mengenakan pakaian beskap Jawi Jangkep, lengkap dengan blangkon, keris, dan selop untuk pria dan untuk wanita mengenakan kebaya.

“Pakaian khas Jateng yang berasal dari kaum bangsawan dan keluarga keraton Surakarta karena beskap Jawi Jangkep digunakan pada acara-acara adat dan acara resmi keraton,” bebernya.

Dia menambahkan tidak menutup kemungkinan pada upacara HUT Pemprov Jateng pada tahun-tahun berikutnya akan menggunakan pakaian adat dari daerah lain. “Seluruh mantan gubernur dan wakil gubernur Jateng diundang dan diharapkan kehadirannya,” kata Sineong.

Sementara itu, berdasarkan pantau Semarangpos.com, di lapangan Pancasila, Simpang Lima telah dipasangan tenda ukuran besar di sebelah barat dan baliho ukuran raksasa di sebelah timur. Baliho bergambar Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko selain untuk memperingati HUT ke-66 Provinsi Jateng juga HUT ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya