SOLOPOS.COM - Lambang Provinsi Jawa Tengah (Jateng. (JIBI/Solopos/Dok.)

HUT ke-66 Jateng bakal dirayakan di Kota Magelang, aneka acara dirancang dengan konsep pesta rakyat.

Semarangpos.com, SEMARANG — Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-66 Provinsi Jawa Tengah diputuskan bakal dilaksanakan di Kota Magelang. Neragam kegiatan dirancang dan akan dikemas dalam konsep pesta rakyat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Semua konsep kegiatan perayaan HUT adalah merakyat, melibatkan masyarakat, serta mengangkat beragam potensi yang ada di Jawa Tengah,” ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono di Semarang, Rabu (13/7/2016).

Ia menyebutkan adanya sekitar 30 kegiatan yang akan memeriahkan perayaan HUT Jateng tersebut, baik seni budaya tradisional maupun modern, kompetisi olahraga, bursa kerja yang melibatkan kurang lebih 50 perusahaan, serta pameran produk-produk usaha mikro kecil menengah (UMKM). Bursa kerja itu dipastikan bisa menghimpun tamatan SMU dan SMK, diploma, sarjana, bahkan pascasarjana

Selain itu juga akan digelar acara Jateng Bershalawat bersama Habib Syeh Bin Abdul Qodir Assegaf pada Kamis (18/8), Jateng Fair yang dihelat selama satu bulan penuh di komplek Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan (PRPP) mulai 5 Agustus-4 September 2016. “Pada perayaan HUT Ke-66 Jateng juga akan digelar bakti sosial seperti khitanan massal dan pelayanan KB gratis pada 23-27 Agustus 2016 oleh masing-masing Bakorwil,” ujarnya.

Menurut dia, kegiatan pelayanan KB gratis perlu diperbanyak karena sangat penting dan membantu masyarakat tidak mampu. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menambahkan bahwa selain kegiatan seni budaya, pameran produk lokal, dan bakti sosial, perayaan HUT Ke-66 Jateng juga semakin semarak dengan festival olahraga rekreasi yang mempertandingkan bermacam olahraga kategori tradisional, petualang, dan tantangan yang sudah jarang dimainkan.

“Saya juga mengusulkan adanya lomba cipta lagu serta desain motif batik dengan kategori atau tema tertentu untuk masyarakat umum sehingga muncul kreativitas dan masyarakat tidak hanya menjadi penonton tapi juga ada penghargaan kepada desainer batik dan lomba kreativitas lainnya,” katanya.

Pelaksanaan serangkaian kegiatan perayaan HUT Ke-66 Jateng rencananya diawali dengan upacara di Lapangan Pancasila, Simpang Lima Kota Semarang pada 15 Agustus 2016 yang diikuti 2.500 peserta dari kabupaten/kota di Jawa Tengah. Puncak pagelaran HUT Jateng 2016 akan ditutup dengan parade seni bertajuk “Seni Budaya Sebagai Sarana Memperkokoh Jatidiri Bangsa” pada 28 Agustus 2016.

Pawai yang diikuti para seniman, komunitas, dan masyarakat umum ini akan menampilkan beragam kreativitas masyarakat mengangkat dan menciptakan seni budaya lokal.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya