SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Batalyon Infanteri 403/Wirasada Pratista akan menyelenggarakan peringatan ulang tahun ke-46 dengan melibatkan masyarakat. Salah satu kegiatannya adalah pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Sutono, Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) DIY bersama pelawak Bambang Rabies.

Danyonif 403/WP Letkol Inf Mirza Eka Junaidi menjelaskan, pagelaran wayang digelar bertepatan hari ulang tahun pada Senin (1/8) malam. “Wayangan ini tradisi setiap ulang tahun, nanti akan digelar di depan pintu masuk Yonif 403/WP,” katanya, Jumat (29/7).

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Menurut dia, peringatan ulang tahun kali ini dibuat sederhana, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tetapi tradisi tetap dilaksanakan seperti penanaman kepala kerbau untuk agar diberikan keselamatan dari yang maha kuasa dan jamasan bendera perang di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Perbedaan mencolok lainnya, pada hari ulang tahun tidak ada upcara yang menggunakan baju kebesaran. Baju kebesaran hanya dipakai saat HUT TNI pada 5 Oktober dan HUT Angkatan Darat 15 Desember. “Hari itu bertepatan hari pertama puasa, jadi kegiatan siang hari tidak ada, tapi pagi dini hari menanam kepala kerbau dan malam harinya pertunjukan wayang,” imbuh Mirza.(Harian Jogja/Akhirul Anwar)

Foto: Dandim 0732 Sleman Letkol Inf Satriyo Pinandoyo (kiri) bersama Danyonif 403/wp Letkol inf Mirza Eka Junaidi saat menggelar jumpa pers di pemkab Sleman, Jumat (29/7).(Harian Jogja/Akhirul Anwar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya